Peserta didik SMP Negeri 1 Jombang, saat mengikuti lomba Bahasa Jawa. (Ist)


JOMBANG –
Lomba Bahasa Jawa secara rutin diselenggarakan oleh Bidang Pembinaan SMP, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang tahun ini memasuki perhelatan kedua. Pelaksanaannya pada (23/9 s.d (10/10), turut memperlombakan Pidato Bahasa Jawa, Tetembangan, dan Macapat. Sementara untuk finalnya bakal digelar pada (25 s.d 27/10) secara langsung di Disdikbud Kabupaten Jombang.

Baca Juga: Forum Pengurangan Risiko Bencana Wujudkan Sekolah Aman Bencana

Dijelaskan oleh Kepala Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter, Bidang Pembinaan SMP, Disdikbud Kabupaten Jombang, Rhendra Kusuma, S.Kom. bahwa dalam gelaran Lomba Bahasa Jawa secara khusus diikuti peserta didik kelas VII maupun VIII. Masing-masing peserta hanya diperkenankan mendaftar satu cabang perlombaan saja. Kemudian, pada tahapan seleksi atau penyisihan akan dilangsungkan secara virtual dengan menggunggah video aksi peserta didik melalui kanal YouTube. Terakhir, setelah proses seleksi dilaksanakan akan dilanjutkan penjurian oleh dewan juri yang berasal dari pegiat kesenian Jawa di Kota Santri.

Rhendra Kusuma juga berharap seluruh satuan pendidikan SMP Negeri/Swasta antusias dan serius dalam mengirimkan delegasi terbaiknya seraya melestarikan budaya adilihung bangsa . Untuk pendaftaran bisa mengisi formulir melalui tautan bit.ly/Lomba_Bahasajawa.

Reporter/Foto: Rabithah Maha Sukma

Lebih baru Lebih lama