M. Farras Firjatulloh saat ditemui di SDN Mancilan I Mojoagung pada Rabu (3/11). (Donny)


MOJOAGUNG – Keberadaan sosok orang tua bukan saja sebagai teladan, namun juga dapat menjadi pembimbing serta pendamping kala ingin mencapai kesukesan buah hati. Serupa yang dirasakan oleh Juara I Bulutangkis dalam Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) 2021 Jenjang SD Se Kabupaten Jombang, M. Farras Firjatulloh. Sebab berkat latihan keras bersama guru PJOK dan ayah tercintanya, membuahkan prestasi yang membanggakan. Bukan saja bagi dirinya sendiri, namun juga untuk SDN Mancilan I Mojoagung tempatnya menempa pendidikan.

Dikisahkan M. Farras Firjatulloh, bila sang ayah rutin mengajaknya latihan dengan rutin. Dalam sepekan setidaknya delapan kali sesi latihan keras dilakukannya. Dari latihan fisik hingga teknik pun diberikan agar menjadi atlet yang benar-benar memiliki bekal kuat.

M. Farras Firjatulloh mengatakan, “Latihan fisik mulai lari guna menjaga kecepatan dan kebugaran. Dilanjtkan dengan push up agar memiliki kelenturan yang memadai sebagai atlet Bulutangkis.”

Sangat penting untuk membiasakan sedari dini, sehingga tidak akan kaget saat menerima latihan yang berat di lain tempat, karena nantinya akan bermanfaat bagi dirinya.

Kala bertanding dalam KOSN 2021 tak ada rasa gugup sedikitpun. Diungkapkan M. Farras Firjatulloh hal itu lantaran sudah dilatih secara tidak langsung melalui serangkaian pertandingan Bulutangkis di beragam kabupaten/kota di Jawa Timur bersama klubnya yakni Trisno Agung Mojoagung.

“Bergabung dengan klub Bulutangkis memberikan dampak yang sangat baik. Tak hanya menggembleng kemampuan dasar sebagai Atlet Bulutangkis. Namun banyak pengalaman yang diraih sampai mempunyai kepercayaan diri yang tangguh ketika bertanding. Sehingga ketika berlaga di KOSN 2021 segalanya sudah siap,” jelas M. Farras Firjatulloh.

Baca Juga: KKG PAI Kabupaten Jombang Gelar Diseminasi Moderasi Beragama

Ayah M. Farras Firjatulloh, Didik Ruslan, S.E. pun tak mengelak melatih putranya dengan begitu keras. Menurutnya ini sangat penting untuk membiasakan sedari dini, sehingga tidak akan kaget saat menerima latihan yang berat di lain tempat, karena nantinya akan bermanfaat bagi dirinya.

Didik Ruslan menuturkan, “Berkat kerja kerasnya, M. Farras Firjatulloh telah terpilih mengikuti seleksi tahap awal di Klub Exist Bogor yang dikenal banyak melahirkan Atlet Bulutangkis nasional.”

Kepala SDN Mancilan I Mojoagung, Siti Mardiyah, S.Pd. mengakui turut bangga atas prestasi yang berhasil diraih oleh peserta didiknya. Perempuan berhijab ini juga berharap agar terdapat pembinaan secara keberlanjutan. Tak sekadar melanjutkan performa gemilangnya, namun pendidikannya pun dapat terus melangkah ke jenjang lebih tinggi melalui jalur prestasi.

Reporter/Foto: Donny Darmawan

M. FARRAS FIRJATULLOH

Tempat, Tanggal, Lahir : Jombang, 3 Mei 2009

Hobi : Bulutangkis

Tokoh Idola : Anthony Sinisuka Ginting

Lebih baru Lebih lama