Masjid Al-Ikhlas Rosella tampak dari luar. (Donny)


JOGOROTO – Membuat sebuah bangunan pastinya ada tujuan dan cerita yang melatarinya. Tak terkecuali Masjid Al-Ikhlas Rosella yang terletak di Desa Janti, Kecamatan Jogoroto tepat dipinggir jalan provinsi Jombang-Surabaya. Ternyata, dulunya adalah sebuah musala kecil yang dibangun anak usaha PT. Perkebunan Nusantara XI yakni Perusahaan Karung (PK) Rosella dan merupakan Badan Usaha Milik Negara agribisnis core business gula.

Mantan Pekerja di PK Rosella, Suyanto menjelaskan bahwa masjid bernuansa warna biru muda dan jingga ini awalnya dibangun tahun 1969 guna fasilitas ibadah karyawan PK Rosella. Kemudian di tahun 1986 seiring bertambahnya karyawan sebanyak 600 orang, sehingga dipugar untuk diperbesar lagi sampai tampak seperti sekarang. Barulah di tahun 1989 berubah menjadi masjid setelah didaftarkan ke Sistem Informasi Masjid, Kantor Kementerian Agama Jombang.

Hingga kini, masih aktif digunakan untuk berjamaah salat lima waktu dan pelbagai kegiatan keagamaan lain. Tak jarang sejumlah pengendara sengaja singgah untuk menunaikan ibadah seraya beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan.

“Jadi keberadaan masjid ini usianya sudah melebihi setengah abad yakni 52 tahun. Meskipun telah dilakukan perluasan, namun tidak mengubah keseluruhan bentuk dan ornamen. Ada beberapa corak bangunan lama yang masih dipertahankan. Seperti model pintu dan jendela yang khas zaman dulu yang kini sudah jarang sekali digunakan,” kisah Suyanto.

Baca Juga: Es Tape Ketan Hitam Cendana Ampuh Lepaskan Dahaga

Suyanto menambahkan, memang hal itu merupakan kesepakatan dari pengurus Masjid Al-Ikhlas Rosella. Selain Masjid Al-Ikhlas Rosella telah menjadi identitas masyarakat di tiga desa yakni Desa Janti, Kecamatan Jogoroto; Desa Peterongan, Kecamatan Peterongan; dan Desa Plosokerep, Kecamatan Sumobito.

Mantan Pekerja PTPN Rosella, Suyanto saat menjelaskan sejarah serta ciri khas dari bangunan Masjid Al-Ikhlas Rosella. (Donny)

Bahkan pada renovasi berikutnya di tahun 2011 guna memperbarui atap, tetap mempertahankan model lama. Hingga saat ini yang masih bertahan dari gaya masa lalu selain pintu dan jendela, adalah lemari tempat penyimpanan Al Quran.

Pengendara sedang melewati Masjid Al-Ikhlas Rosella. (Donny)

“Hingga kini (11/11), masih aktif digunakan untuk berjamaah salat lima waktu dan pelbagai kegiatan keagamaan lain. Tak jarang sejumlah pengendara sengaja singgah untuk menunaikan ibadah seraya beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan,” pungkas Suyanto.

Reporter/Foto: Donny Darmawan

Lebih baru Lebih lama