Seporsi Es Tape Ketan Hitam yang disajikan bersama potongan Kue Lupis dan Tetel. (Donny)

JOMBANG – Jalan Bupati R. Soedirman atau yang dulu akrab di telinga kita sebagai Jalan Pattimura seakan menjadi surganya para pemburu kuliner. Bagiamana tidak disepanjang kanak kiri jalanan yang menjadi sentra pendidikan Kota Santri ini dipenuhi oleh aneka macam pedagang kuliner dari pagi hingga tengah malam.

Salah satu yang patut anda coba adalah Es Tape Ketan Hitam Cendana. Sangat cocok sekali di minum sekiranya cuaca sedang panas-panasnya seperti beberapa hari terakhir hingga tembus 36° celcius. Saya pun tertarik menjajal, apalagi sepulang dari liputan dan disambut dengan teriknya matahari yang mengangah.

Seluruh bahan dibuatnya sediri dari rumah, baik meraik tape ketan hitamnya maupun lupis dan tetelnya juga.

Terbilang murah, Es Tape Ketan Hitam Cendana racikan Hasan, warga Desa Kedawong, Kecamatan Diwek ini. Semangkoknya hanya dihargai Rp 5.000 saja. Tetapi saat sudah selesai diracik dan langsung di seruput, seketika menghapus dahaga yang membekap siang itu.

Baca Juga: SDN Randuwatang Kudu Harmoniskan Keagamaan dan Akademis

Didalam satu mangkuk Es Tape Ketam Hitam Cendana selain ketan hitam dan airnya yang menjadi senjata pusakanya. Ada pula potongan lapis serta tetelnya. Semakin menambah nikmat ketika meminumnya. Apalagi disajikan dalam keadaan yang dingin, rasanya cleees… ditenggorokan meredakan kegalakan matahari diubun-ubun kepala.

Cak Hasan sedang menyiapkan seporsi Es Tape Ketan Hitam. (Donny)

Hasan berkisah sudah empat tahun terakhir berjualan Es Tape Ketan Hitam Cendana. Seluruh bahan dibuatnya sediri dari rumah, baik meraik tape ketan hitamnya maupun lupis dan tetelnya juga. Sewaktu sudah masak biasanya pukul 10.00 WIB, Hasan lantas berangkat membuka lapak dagangannya sampai puku 14.00 WIB.

Lapak Es Tape Ketan Hitam milik Hasan, yang berada di Jln. Bupati R. Soedirman No 5, atau tepatnya berada di sebrang Aula 2 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang. (Donny)

Sungguh kesegaran tiada duanya. Silakan coba sendiri jika anda ingin membuktikan. Pasti membuat anda mendayung ke ketenganan yang luar biasa. Selamat mencoba!

Reporter/Foto: Donny Darmawan
Lebih baru Lebih lama