Ilustrasi Guru Mengajar Peserta Didik. (Ist)


Slamet, S.Pd., M.Pd.*

Tujuan dari program guru penggerak adalah menjadikan guru sebagai pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang peserta didik secara holistik, aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat pada murid untuk menumbuhkan/mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Yang terlibat dalam mewujudkan tujuan program tersebut meliputi guru sebagai peserta PGP, Pengajar Praktik, Fasilitator, Instruktur, dan Unit-unit Kemdikbudristek.

Berdasarkan surat nomor 1976/B2/GT.03.15/2021 tanggal 8 Mei 2021 tentang Perpanjangan Waktu Rekrutmen Fasilitator Guru Penggerak Angkatan 4 Tahun 2021 maka Tim Seleksi Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan telah melakukan proses seleksi tahap 1 yaitu seleksi administrasi dan penilaian esai. Pendaftar calon fasilitator PGP yang masuk melalui laman pendaftaran mencapai 723 orang.

Calon fasilitator PGP yang dinyatakan lulus tahap 1 tertuang dalam surat nomor 2687/B2/GT.03.15/2021 tanggal 15 Juni 2021 berjumlah 334 orang, salah satunya termasuk penulis. Berhak mengikuti seleksi tahap 2 meliputi seleksi simulasi mengajar dan wawancara.

Sebelum melakukan simulasi mengajar peserta diwajibkan menyusun RPP dan mengunggahnya pada portal Guru Berbagi pada rentang waktu tanggal 17 Juni 2021 pukul 08.00 WIB s.d. 20 Juni 2021 pukul 12.00 WIB. Rambu-rambu penyusunan RPP, petunjuk simulasi mengajar, dan petunjuk pelaksanaan wawancara dapat dilihat pada portal: sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id. Simulasi mengajar dan wawancara akan dilaksanakan secara daring (online).

Mampu berkomunikasi dengan efektif secara daring, mau belajar hal baru, sekaligus memberikan umpan balik secara online. Serta fasilitator PGP harus mampu melakukan personaliset coaching dan mentoring, serta memotivasi peserta.

Mengacu rambu-rambu penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dalam Lampiran 2 Surat Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan yang dimulai dari Identitas, Tujuan Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, dan Penilaian Pembelajaran. Maka penulis untuk mengikuti seleksi tahap 2 membuat RPP kelas V semester ganjil, dengan Tema Sehat itu Penting dan Sub Tema Menerapkan hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

Pelaksanaan seleksi simulasi mengajar secara daring dengan aplikasi Google Meet pada hari Rabu tanggal 23 Juni 2021, dinilai oleh 2 (dua) assesor. Penulis berusaha tampil meyakinkan, suara lantang, penuh percaya diri, menjaga integritas, menguasai proses pembelajaran, dan berperan sebagai guru profesional. Kemudian menjawab beberapa pertanyaan dari dua assesor tersebut seputar pembelajaran yang telah dilakukan.

Unsur penilaian simulasi mengajar yaitu kompetensi 1 mengembangkan lingkungan kelas yang memfasilitasi murid belajar secara aman dan nyaman. Kompetensi 2 mendesain, memandu, dan merefleksikan proses belajar mengajar yang efektif. Kompetensi 3 adalah menunjukkan kebiasaan refleksi untuk pengembangan diri (self regulated learning).

Baca Juga: Runut Seleksi Calon Kepala Sekolah 2021

Kegiatan selanjutnya seleksi wawancara secara daring menggunakan aplikasi Google Meet, jadwal dan tautan akan tersedia melalui akun SIM PKB masing-masing peserta. Penulis mendapat jadwal hari Sabtu tanggal 26 Juni 2021 pukul 15.00-16.30 WIB diwawancarai oleh dua orang assesor pada saat yang bersamaan. Selama wawancara diharapkan untuk memberikan jawaban berdasarkan pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki selama menjadi pengawas sekolah dan selama menjadi kepala sekolah.

Daftar kompetensi seleksi wawancara fasilitator PGP meliputi tujuan/misi, membangun hubungan yang positif, inisiatif untuk mengambil tindakan, pembelajaran yang berkelanjutan, mengembangkan orang lain, kematangan etika, dan orientasi pada peserta didik.

Pengumuman Hasil Seleksi Tahap 2 Calon Fasilitator Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 4, penulis lulus bersama rekan sejawat Bapak Sukoco dan Bapak Heri Mujiono. Hal tersebut tertuang dalam surat Dirjen GTK nomor 3113/B2/GT.03.15/2021 tanggal 10 Juli 2021. Sebanyak 249 orang calon fasilitator dinyatakan lulus dari 299 orang yang telah mengikuti seleksi tahap 2. Kemudian berhak mengikuti pembekalan calon fasilitator PGP yang akan dilaksanakan pada tanggal 22 Juli s.d. 3 Agustus 2021. Dari 249 calon fasilitator PGP Angkatan 4 berasal dari Provinsi Aceh, Sumatra Barat, Sumatra Utara, Riau, Bengkulu, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, DI Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Gorontalo, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Papua.

Akhirnya terdapat Undangan Peserta Pembekalan Calon Fasilitator Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 4 seperti dalam surat Dirjen GTK nomor 3488/B2/GT.03.15/2021 tanggal 22 Juli 2021 dan surat tugas dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang nomor 090/3153/415.16/2021 tanggal 23 Juli 2021. Bahwa penulis harus mengikuti kegiatan dan berperan aktif sebagai peserta dalam pembekalan calon fasilitator PGP Angkatan 4 melalui pertemuan virtual (daring) mulai tanggal 26 Juli s.d. 6 Agustus 2021. Kegiatan pembekalan diikuti dari tempat kedudukan masing-masing (dari rumah/satuan pendidikan/institusi) dengan memanfaatkan teknologi informasi dan aplikasi Google Meet. Calon fasilitator PGP wajib masuk ke Learning Management System (LMS) melalui SIM PKB masing-masing.

Kegiatan pembekalan dibuka oleh Bapak Iwan Syahril selaku Dirjen GTK, beliau berpesan bahwa kita yang terlibat dalam dunia pendidikan harus selalu saling belajar, saling berbagi, dan saling berkolaborasi. Mari berperan dalam kemajuan pendidikan Indonesia melalui program guru penggerak. Seorang fasilitator PGP harus menguasai penggunaan Google Classroom dan atau Learning Management System dari Kemdikbudristek. Mampu berkomunikasi dengan efektif secara daring, mau belajar hal baru, sekaligus memberikan umpan balik secara online. Serta fasilitator PGP harus mampu melakukan personaliset coaching dan mentoring, serta memotivasi peserta.

Prinsip dasar pendidikan dari Ki Hajar Dewantara disampaikan oleh Ibu Itje Chodidjah dan Ibu Weilin Han selaku tokoh pendidikan kelas nasional. Bahwa seorang fasilitator dalam membersamai peserta PGP akan melalui tahapan alur MERDEKA yaitu Mulai dari diri, Eksplorasi konsep, Ruang kolaborasi, Refleksi terbimbing, Demontrasi kontekstual, Elaborasi pemahaman, Koneksi antar materi, dan Aksi nyata. Guru harus selalu tulus berefleksi, pikiran terbuka, tanggung jawab, sehingga perubahan dapat terjadi bila ada orang yang bergerak bersama.

Alhamdulillah penulis dapat mengikuti pembekalan selama sebelas hari dengan lancar dan telah lulus bersama 241 orang dari seluruh wilayah Indonesia berdasarkan surat Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan nomor 3736/B2/GT.03.15/2021 tanggal 10 Agustus 2021. Fasilitator pendidikan/program guru penggerak akan melaksanakan tugas dimulai pada bulan Oktober 2021 dan dikoordinasikan oleh PPPPTK PKn dan IPS sebagai penyelenggara Pendidikan Guru Penggerak (PGP).

*) Fasilitator PGP/PS

Lebih baru Lebih lama