Motor adalah moda transportasi yang dominan dan jamak digunakan oleh masyarakat di Kabupaten Jombang. Saat musim penghujan tiba seperti sekarang ini, bila tidak jeli memperhatikan kebersihan motor, bisa berakibat panjang. Bukan hanya mogok dijalan, melainkan besar kemungkinan harus mengganti sejumlah perangkat yang kurang terawat. Berikut langkah sederhana merawat motor di kala musim penghujan tiba.

1) Menjaga Kebersihan

Apabila motor usai dikendarai saat hujan, sebaiknya lekas dibersihkan dan dibilas menggunakan air bersih. Supaya pasir ataupun kotoran yang menempel, tidak mengendap dan merusak komponen motor.

2) Cek Rantai (Bagi Motor Non-Matic)

Rantai merupakan komponen yang sangat sensitif terhadap air hujan. Oleh karenanya, saat musim penghujan dianjurkan untuk sesering mungkin menjaga kebersihan rantai dengan cara melumasi dengan pelumas rantai serta menjaga kebersihannya.

3) Memperhatikan Kondisi Busi

Jika terpaksa banyak melawati genangan tinggi, sebaiknya sepeda motor dalam keadaan mati. Sebab, busi akan mati apabila terkena air dan menyebabkan motor mogok. Untuk itu rutin cek mulai dari kepala sampai kap busi. Apabila basah, maka lepas kepala busi, bersihkan keringkan lalu pasang kembali.

4) Periksa Selalu Kondisi Ban

Ban yang ideal di musim penghujan ialah ban yang tidak gundul dan dalam tekanan yang pas. Jika gundul, maka ganti baru agar tidak terjadi sliding saat berkendara di jalan yang tergenang air hujan.

5) Hindari Genangan Air Tinggi/Banjir Pada Knalpot

Memastikan kondisi jalan juga menjadi hal yang utama saat berkendara di musim penghujan. Ketika air genangan masuk ke knalpot, otomatis mesin akan mati. Oleh karenaya pastikan rute yang anda lalui aman dan bebas dari genangan air tinggi.

6) Pastikan Kampas Rem Selalu Prima

Memerika kondisi kampas rem juga hal yang utama, karena berkaitan dengan sistem pengereman pada motor. Baiknya, kampas rem rutin dibersihkan, jika sering terkana air hujan agar tidak menimbulkan bunyi saat mengerem. Jika sudah aus maka harus diganti dengan kampas rem yang baru.

Sumber: motorplus-online.com

Olah Data: Batlitbang Majalah Suara Pendidikan

Lebih baru Lebih lama