Peserta didik SDN Jogoloyo Sumobito melaksanakan praktik ibadah haji. (ist)


SUMOBITO – Semangat memperdalam ilmu keagamaan seyogianya di pantik sedari dini di satuan pendidikan. Sehingga kelak setelah ia lulus dapat mengaplikasikannya di lingkungan tempat tinggalnya. Hal ini pun disadari oleh segenap civitas akademik SDN Jogoloyo Sumobito yang menyelenggarakan rangkaian wisata edukasi haji.

Disampaikan oleh Kepala SDN Jogoloyo Sumobito, H. Muhammad Na’am, S.Pd. bahwa gelaran acara wisata edukasi haji ini dilaksanakan pada Rabu (12/1) bertempat di Marwah Edukasi Religi Kabupaten Kediri. Jumlah peserta didik yang berpartisipasi yaitu 120 dari kelas III s.d VI dan 12 guru pendamping. Rangkaian praktik ibadah haji meliputi, ihrom, wukuf arofah, mabit muzdalifah, mabit mina, lempar jumroh, towaf, hingga tahallul atau mencukur rambut.

Peserta didik SDN Jogoloyo Sumobito melakukan persiapan sebelum berangkat wisata edukasi haji. (ist)

Muhammad Na’am menambahkan bahwa para peserta didik sangat antusias lantaran program ini juga didukung penuh oleh wali peserta didik. Tak lupa mengharapkan setelah mengikuti acara ini, peserta didik dapat memiliki gambaran terkait pelaksanaan ibadah haji. Sebab, dari pakaian hingga segala pernik ibadah haji sudah dilengkapi sehingga mencerminkan ibadah haji secara nyata. Serta kedepannya dapat menumbuhkan gairah untuk memiliki cita-cita berhaji, misalnya dengan cara menabung sejak dini.

Reporter/Foto: Rabithah Maha Sukma/Istimewa

Lebih baru Lebih lama