Kegiatan peserta didik SDN Randuwatang Kudu, saat membuat poster. (ist)


KUDU – Meningkatkan mutu satuan pendidikan salah satu indikatornya adalah ketercapaian pembelajaran peserta didik secara utuh. Tak hanya sekadar menuntaskan pembelajaran, namun juga mampu mengembangkan kemampuan yang dimiliki peserta didik sehingga tersalurkan dengan baik.

SDN Randuwatang Kudu pun menyadari hal itu, sehingga selain mengejar pencapaian kuantitas pada penerimaan peserta didik baru. Secara kualitas pun dikedepankan agar masyarakat setempat berkenaan dengan pola asuh yang dikembangkan di satuan pendidikan di wilayah Utara Sungai Brantas ini.

Pelaksana tugas (Plt) SDN Randuwatang Kudu, Muatin, S.Pd. mengakui bilamana kepercayaan terhadap satuan pendidikan yang telah dipimpinnya selama dua tahun terakhir ini terbilang baik. Dibuktikan dengan perolehan peserta didik baru mencapai 40 orang. Tak bisa dielakan bahwa keberadaan pembiasaan keagamaan menunjang sebuah citra tersendiri.

Keberadaan guru muda disini sangat berkontribusi dan berperan besar. Mereka banyak membantu dengan penuh semangat dalam menjalankan pelbagai program yang diusung.

“Kami mendorong peserta didik untuk menghafal surah-surah pendek. Selanjutnya diikuti dengan mengutamakan Muatan Lokal (Mulok) Keagamaan dan Pendidikan Diniyah di sekolah. Guru pembimbingnya pun dari masyarakat sini juga, sehingga ada keterkaitan untuk mengenal lebih dekat dengan setiap peserta didik. Senyampang itu menguatkan kepercayaan masyarakat umum juga,” tegas Muatin.

Baca Juga: Sambut Libur Nasional dan Cuti Bersama 2022

Bahkan menariknya di SDN Randuwatang Kudu, penguatan keagamaan tak hanya sebatas pada lelaku pembelajaran formal. Melainkan melalui ekstrakurikuler Al Banjari dan Qiroah. Diakui oleh Guru Kelas VI, SDN Randuwatang Kudu, Erna Yuliati, S.Pd.SD. bahwa semua perlengakapan yang dibutuhkan sudah ada. Tetapi belum dapat melaksanakannya sekarang karena masih dalam situasi pembelajaran tatap muka terbatas. Menunggu instruksi dari Disdikbud Kabupaten Jombang, bila sudah diperkenankan maka langsung dijalankan bersama pelatih yang berpengalaman.

Jajaran guru SDN Randuwatang Kudu, saat ditemui di sekolah pada Selasa (2/11). (Donny)

Sementara itu Guru Kelas IV, SDN Randuwatang Kudu, Siliani, S.Pd. mengatakan untuk kualitas pembelajaran peserta didik pada tahun pelajaran 2020/2021 ini, juga membeli komputer jinjing yang dapat mensukseskan pembelajaran nantinya. Sehingga tak hanya terbatas pada penguatan keagamaan saja, melainkan kualitas akademiknya pun dijaga.

Muatin menuturkan, “Keberadaan guru muda disini sangat berkontribusi dan berperan besar. Mereka banyak membantu dengan penuh semangat dalam menjalankan pelbagai program yang diusung. Sehingga bisa jauh lebih optimal dalam memberikan pelayanan pendidikan.”

Reporter/Foto: Donny Darmawan

Profil SDN Randuwatang Kudu

Berdiri: 1975

Akreditasi: B

Jumlah Peserta Didik: 83

Jumlah Guru: 10

Prestasi:

1. Juara III Baca Puisi Lomba Bahasa dan Seni Siswa Se Kabupaten Jombang 2021.

2. Juara Harapan I Kriya Anyam FLS2N Se Kabupaten Jombang 2021

Lebih baru Lebih lama