Heru Cahyono, S.Sn. saat menyerahkan rebab sebagai simbol penyerahan seperangkat Gamelan. (ist)


WONOSALAM – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang melalui Bidang Kebudayaan menyerahkan bantuan seperangkat Gamelan pada Rabu (6/10) di Balai Dusun Segunung Desa Carangwulung untuk digunakan masyarakat setempat. Dijelaskan oleh Kepala Seksi Kesenian, Bidang Kebudayaan, Disdikbud Kabupaten Jombang, Heru Cahyono, S.Sn. pemilihan penerima bantuan ini karena melihat latar dan potensi masyarakat Kampung Adat Segunung yang tetap aktif melestarikan karawitan sebagai keunggulan yang patut dikenalkan.

Lebih lagi disana juga ada kelompok karawitan, Cahyo Manunggal, tandas Heru Cahyono yang juga berprofesi sebagai dalang ini. Oleh karena itu diharapkan pemberian bantuan Gamelan senilai Rp. 194 juta ini secara tidak langsung mampu menjadi benteng penjaga kebudayaan lokal.

Selain itu tentunya dapat berafiliasi dengan dunia pendidikan, baik melalui kegiatan bersama yang digelar ataupun upaya regenerasi kepada kawula muda. Seperti diketahui sekarang ini perkembangan budaya modern dari luar sangat pesat, jika tidak dimulai dari dini dalam pengenalannya ditakutnya kebudayaan lokal bakal buyar dengan sendirinya.

Reporter/Foto: Donny Darmawan/Istimewa

Lebih baru Lebih lama