Dok.MSP


Terminalia Catappa atau yang akrab disebut ketapang merupakan sejenis pohon tepi pantai dengan karakteristik pohon besar dan tinggi, helai daun berbentuk oval, memiliki bunga kecil berbentuk bulir dengan biji menyerupai telur namun gepeng. Tumbuhan asli Asia Tenggara ini menggugurkan daun kemerahan hingga dua kali setahun, sehingga mampu bertahan menghadapi musim kemarau yang kering.

Selain bentuknya yang indah, pohon ketapang menjadi tanaman yang populer di masyarakat Indonesia lantaran memiliki segudang manfaat di hampir seluruh bagiannya. Pohon ketapang biasanya menjadi pilihan untuk melengkapi pekarangan, karena tajuknya yang lebar dan rindang membuat bangunan menjadi kian teduh.

Bahkan di Jombang pun cukup banyak terlihat pohon ketapang di sepanjang jalan. Selain sebagai peneduh juga banyak dimanfaatkan oleh sebagaian masyarakat untuk berjualan kaki lima dibawahnya. Selanjutnya dapat disimak beberapa manfaat lainnya.

Sahabat Ikan Hias
Manfaat pohon ketapang juga dirasakan oleh para penggemar ikan hias. Daun keringnya diyakini bermanfaat untuk menetralkan pH air, sehingga lebih ideal untuk meningkatkan daya tahan tubuh ikan khususnya jenis cupang.

Pewarna Alami

Daun dan kulit pohon ketapang kerap diolah menjadi bahan membuat pewarna tinta hitam. Dibagian batangnya menghasilkan warna merah bata hingga cokelat pucat.

Kayu yang Kokoh
Tekstur kayu yang cukup keras cocok digunakan sebagai material perabot maupun dalam pembangunan rumah. Kendati demikian, kualitasnya tak sebaik kayu meranti dan jati namun memiliki harga yang lebih murah.

Alternatif Sumber Makanan
Manfaat pohon ketapang lainnya terdapat pada bagian biji. Biji pohon ketapang bisa dikonsumsi sebagai pengganti biji kenari dan almond. Memiliki kemiripan dengan minyak wijen, minyak kelapa, dan minyak zaitun karena berdasarkan sifat fisika kimia dan kandungan lemak total yang berfungsi sebagai metil ester.

Kesehatan Tubuh
Biji ketapang berkhasiat untuk menstabilkan gula darah, mencegah oksidasi berbahaya, dan menurunkan tekanan darah. Biji ketapang kaya akan antioksidan yang berfungsi menangkal radikal bebas. Baik untuk menjaga imunitas tubuh karena terdapat kandungan antioksidan.

Sumber : litbang.pertanian.go.id dan wikipedia.org

Olah Data : Batlitbang Majalah Suara Pendidikan

Lebih baru Lebih lama