Kepala SMP Negeri 2 Peterongan, Drs. Sarmin. (Donny)


PETERONGAN – Eksistensi Pickleball di Kota Santri memang tak se beken olahraga lainnya seperti bulutangkis dan tenis. Namun hal ini justru menjadi peluang bagi SMP Negeri 2 Peterongan untuk mengembangkannya. Oleh Sebab itu, pada Selasa (21/12) digelar acara bertajuk peresmian lapangan Pickleball yang dihadiri langsung oleh Ketua Umum Persatuan Pickleball Kabupaten Jombang, Senen, S.Sos., M.Si.

Kepala SMP Negeri 2 Peterongan, Drs. Sarmin. memilih olahraga yang menggabungkan unsur bulutangkis, pingpong, dan tenis ini guna memperkaya wahana olahraga bagi peserta didik. Selain itu Pickleball memiliki karakteristik mudah dimainkan dan tak membutuhkan perlengkapan mahal. Ketersediaan lahan kosong sebagai lapangan juga turut menjadi unsur pendukung.

Senantiasa menjalin koordinasi dengan Persatuan Pickleball Kabupaten Jombang untuk pembinaan baik bagi pelatih maupun langsung pada peserta didik.

“Disini potensi peserta didik tumbuh subur di pelbagai cabang olahraga. Adanya cabang anyar ini disambut sukacita. Meski ekstrakurikuler belum digalakkan, namun beberapa guru dan peserta didik sudah antusias menjajal olahraga yang berasal dari Amerika Serikat ini,” papar pria yang sudah satu tahun menjadi kepala sekolah itu.

Baca Juga: Usaha Souvenir Raih Omset Puluhan Hingga Ratusan Juta Rupiah

Lebih detail diungkapkan oleh Pelatih Pickleball SMP Negeri 2 Peterongan, Bambang Wiyatno, S.Pd. bahwa ukuran lapangan Pickleball berbentuk persegi panjang mirip lapangan bulutangkis dengan panjang 13,41 meter dan lebar 6,1 meter serta tinggi jaring pemisah 77 cm. Menggunakan bola yang umumnya berwarna cerah dengan bahan plastik. Tak menutup kemungkinan bahwa nantinya juga akan mandiri membuat alat olahraga Pickleball macam raket yang terbuat dari papan kayu atau fiber.

Ketua Umum Persatuan Pickleball Kabupaten Jombang, Senen, S.Sos., M.Si. (Baju Kuning) saat meresmikan lapangan olahraga Pickleball SMP Negeri 2 Peterongan. (ist)

Bambang Wiyatno ang juga menjabat Wakil Kepala Bidang Kesiswaan SMP Negeri 2 Peterongan mengatakan, “Penskoran olahraga Pickleball berakhir pada 15, poin. Olahraga pickleball selain menyenangkan juga tergolong olahraga yang banyak membakar kalori. Dapat dimainkan secara beregu dua orang sehingga melatih kerjasama antar tim.”

Tamu undangan yang hadir mencoba olahraga Pickleball. (Donny)

Rencana kedepannya, untuk ekstrakurikuler Pickleball akan diseleksi dahulu peserta didik yang berpotensi, imbuh Bambang Wiyatno. Senantiasa menjalin koordinasi dengan Persatuan Pickleball Kabupaten Jombang untuk pembinaan baik bagi pelatih maupun langsung pada peserta didik. Kemudian membuat program latihan yang minimal di adakan dua kali setiap minggu. Tak lupa mempersiapkan diri guna mengikuti pelbagai kejuaraan.

Reporter/Foto: Rabithah Maha Sukma

Lebih baru Lebih lama