Salah satu peserta Apresiasi Mengarsir Mama Mia di KB Al Chusni Peterongan. (Rabithah)


JOMBANG –
Walau badai pandemi belum sepenuhnya sirna, namun menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan berkesan bagi anak didik bukan sesuatu yang tidak mungkin. Itulah yang tergambar kala Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kabupaten Jombang menyelenggarakan kegiatan Apresiasi Mengarsir Mama Mia. Keseruan tampak sekali karena kerjasama anak didik dan orangtua dalam menyelesaikan mengarsir gambar diikuti dengan tingkah polah yang tiada terduga.

Ketua Himpaudi Kabupaten Jombang, Tita Aniqowardani, S.Pd. mengatakan ajang ini sengaja digelar bertepatan dengan momentum peringat Hari Ibu. Oleh karena itu, keterlibatan orangtua, khususnya ibu sangat diperlukan.

Terdapat wali anak didik yang degan penuh tawa mengeluhkan bahwa mengondisikan buah hatinya untuk fokus dan rajin mengarsir merupakan hal tak mudah, hingga menguji kesabaran.

“Sengaja memilih mengarsir karena selama ini belum pernah dilaksanakan. Selain itu tingkat kesulitan dan kriteria penilaiannya pun masih sepadan dengan yang dipelajari anak didik di satuan pendidikan,” terang Tita Aniqowardani.

Baca Juga: Menggapai Kesejahteraan Guru

Terkait mekanismenya, dijelaskan oleh Ketua Himpaudi Kecamatan Jombang, Galuh Fitri Handayani, S.Pd. bahwa setiap lembaga melaksanakan seleksi yang diambil satu pemenang pada Rabu (19/1). Selanjutnya akan diseleksi kembali di Himpaudi Kecamatan hingga terpilih satu kandidat untuk mewakili final tingkat kabupaten pada Sabtu (22/1) di Aula I Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang."

Keseruan ajang Apresiasi Mengarsir Mama Mia di KB Permata Indah Jombang. (Rabithah)

Galuh Fitri yang menjabat Kepala KB Permata Indah Jombang itu mengurai, “Terdapat tujuh Kecamatan yang pesertanya terbilang banyak, berjumlah lebih kurang 500 peserta diantaranya Kecamatan Jombang, Mojoagung, Diwek, Peterongan, Mojowarno, Ngoro, dan Sumobito. Hal ini membuat panitia menyepakati kecamatan tersebut dipersilakan mengirim dua perwakilan pada final.”

Keseruan Seleksi Apresiasi Mengarsir Mama Mia

Kecamatan Wonosalam berhasil menyelenggarakan seleksi Apresiasi Mengarsir Mama Mia secara serentak berlokasi di Wisata Agropolis Wonosalam. Dijelaskan oleh Pengurus Himpaudi Kabupaten Jombang, Purnomo, S.Pd.I. bahwa gelaran ajang ini telah dipersiapkan selama satu bulan. Terlaksana dengan lancar sebab mendapat dukungan seluruh wali anak didik, guru, pengurus Himpaudi, penilik hingga Koordinator Wilayah Kerja Pendidikan Kecamatan Wonosalam. Selain itu juga telah dibukanya wisata wonosalam oleh Pemerintah.

Pengurus Himpaudi Kecamatan Wonosalam memberikan penghargaan terhadap pemenang ajang Apresiasi Mengarsir Mama Mia. (Rabithah)

Sementara itu, tak kalah serunya Himpaudi Kecamatan Peterongan. Dituturkan Kepala KB Al Chusni Peterongan, Lisa'adah, S.Pd. bahwa wali anak didik sungguh antusias mengikuti ajang ini. Kompak menyiapkan seragam para mama hingga rela izin dari pekerjaan demi mendampingi buah hatinya. Meski terlihat seru, terdapat wali anak didik yang degan penuh tawa mengeluhkan bahwa mengondisikan buah hatinya untuk fokus dan rajin mengarsir merupakan hal tak mudah, hingga menguji kesabaran.

Reporter/Foto: Rabithah Maha Sukma

DAFTAR PEMENANG APRESIASI MENGARSIR MAMA MIA 

Peringkat

Nama Anak Didik

Nama Lembaga

Juara I

Fakhri Firdaus

KB Tri Dharma Bareng

Juara II

Nauval Zidan W

KB Melati Jogoroto

Juara III

Ibrahimaic Arkan A

KB Harapan Bunda Ploso

Juara Harapan I

M. Akbar Agustian

KB Harapan Bunda Tembelang

Juara Harapan II

Nathisa Keynan S

KB Berlian Mojoagung

Juara Harapan III

Keynan Airlangga

KB Tarbiyatul Aulad Megaluh


Lebih baru Lebih lama