Ilustrasi Anak Sedang Membaca Buku. (ist)


NASIONAL - Membaca buku menjadi aktivitas yang sangat baik bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Terlebih sejak usia dini, anak kecil hampir menyerap berbagai hal yang dilihat dan diajarkan di lingkungan terdekat.

Orang tua perlu sedini mungkin menyiapkan strategi agar anak bisa memiliki kebiasaan membaca. Seperti kebutuhan buku yang tepat, motivasi, dan waktu. Jika sudah menjadi kebiasaan, maka membaca buku dapat memberi beberapa manfaat.

Berikut ini manfaat membaca buku dikutip dari akun instagram Kemdikbud RI. Manfaat Membaca Buku Sejak Usia Dini:

Meningkatkan Kemampuan Bahasa dan Komunikasi Anak
Sebuah studi tahun 2013 menunjukkan bahwa bayi yang dibacakan dan diajak bicara memiliki skor yang lebih tinggi dalam keterampilan bahasa dan perkembangan kognitif seperti pemecahan masalah.

Untuk memulai kebiasaan membaca, orang tua bisa berikan bacaan sesuai dengan usia anak dan bebaskan mereka memilih buku bacaan yang mereka senangi.

Menambah Kosa Kata Baru
Para ahli dari National Center on Early Childhood Development, Teaching and Learning menjelaskan anak-anak yang secara teratur dibacakan buku dalam 5 tahun menjelang taman kanak-kanak akan terpapar 1,4 juta kata lebih banyak daripada anak-anak yang tidak dibacakan selama tahun-tahun itu.

Makin diberi berbagai macam jenis bacaan khusus untuk anak-anak maka makin banyak pula ragam kosakata baru yang didapat.

Memancing Daya Imajinasi Anak
Selain menambah perbendaharaan kata, membaca buku juga bisa memancing daya imajinasi anak. Hal ini karena buku bacaan akan memancing rasa penasaran anak dan menjadi sebuah imajinasi.

Menambah Kedekatan dengan Orang Tua
Kegiatan membaca buku adalah salah satu cara yang efektif untuk mendekatkan anak kepada orang tua. Ikatan di antara orang tua dan anak akan terjalin semakin erat seiring pertemuan yang intensif.

Membuat Anak Menjadi Aktif dan Cepat Tanggap
Kegiatan membaca buku juga mempunyai andil penting dalam pengembangan motorik kasar. Semakin sering dilakukan dan dilatih, anak akan semakin tanggap.

Sumber/Rewrite: detik.com/Tiyas Aprilia

Lebih baru Lebih lama