Seporsi Nasi Lodeh Yu Prak disertai lauk rempela ayam. (Donny)


PERAK – Anomali cuaca saat ini memang seringkali tak terduga. Bila siang cukup terik, maka sore sampai malam hari bisa turun hujan dengan lebatnya. Jika sudah demikian, hawa dingin yang merasuk turut mengusik bersamaan dengan buncahan rasa lapar.

Beruntungnya, di Kota Santri ini masih banyak penjaja kuliner yang siap memadamkan rasa lapar kita, sekalipun di waktu larut malam. Nasi Lodeh Yu Prak ialah salah satunya. Warung sederhana yang berada di sebelah barat Masjid Desa Plosogenuk, Kecamatan Perak ini menjadi rujukan bagi pecinta kuliner malam maupun penggemar berat Nasi Lodeh.

Kemashyuran Nasi Lodeh Yu Prak tersebut, sudah saya buktikan sendiri tatkala berkesempatan bersantap malam pada Selasa (4/1). Tak berselang lama setelah di buka pukul 22.30 WIB, antreannya sudah mengular.

Selain sedap dan nikmat karena proses memasaknya menggunakan cara tradisional, harganya pun juga cukup merakyat. Apalagi untuk kuliner malam.

Syukur, tidak sampai 5 menit seporsi Nasi Lodeh Yu Prak beserta rempela ayam sebagai menu andalan sudah tersaji dihadapan saya. Saat suapan pertama, aroma wangi kuah santan yang dipadu dengan kehangatan nasi begitu menyergah nafsu makan saya. Ditambah pula isian sayurnya, mulai dari terong, nangka muda, tahu, dan tempe menyatu dengan sempurna. Sesuap selanjutnya, rempela ayam menjadi santapan saya, rasanya luar biasa. Cukup empuk saat dikunyah, pun dengan gurihnya kerupuk yang ada semakin menambah meriah suasana santap malam saya saat itu.

Baca Juga: E-Office Jombangkab Disiplinkan Kepegawaian

Menariknya, proses memasak Sayur Lodeh Yu Prak tidak menggunakan kompor sebagaimana umumnya, melainkan kayu bakar sebagai pemanasnya. Metode memasak ini tetap dipertahankan sejak era Yu Prak sebagai generasi pertama pemilik warung. Hingga saat ini diteruskan oleh putrinya sebagai generasi ketiga penerus Nasi Lodeh Yu Prak.

Suasana Warung Nasi Lodeh Yu Prak yang masih sepi saat baru di buka pukul 22.30 WIB. (Donny)

Selain sedap dan nikmat karena proses memasaknya menggunakan cara tradisional, harganya pun juga cukup merakyat. Apalagi untuk kuliner malam. Seporsi Nasi Lodeh Yu Prak lengkap beserta lauk rempela ayam dan segelas teh hangat hanya dihargai Rp 10.000 saja.

Aneka sayur segar dalam seporsi Nasi Lodeh Yu Prak. (Donny)

Sungguh nikmat bukan? Bagi anda pecinta Nasi Lodeh dan penjelajah kuliner malam, wajib mencobanya! Silahkan berkunjung ke Warung Nasi Lodeh Yu Prak. Jangan sampai lebih dari pukul 02.00 WIB ya, jika lewat maka anda akan gigit jari kehabisan.

Reporter/Foto: Donny Darmawan

Lebih baru Lebih lama