Salah satu kegiatan Sabtu Ceria di SDN Podoroto Kesamben yang mewadahi bakat minat peserta didik di bidang seni tari. (ist)


KESAMBEN - Sekembalinya aktivitas pembelajaran serupa dahulu namun masih ada penyesuaian kembali agar tak sampai ada penularan Covid-19. Maka menjadi kesempatan berharga bagi satuan pendidikan guna menggembleng potensi peserta didik. Selaiknya yang terjadi di SDN Podoroto Kesamben. Segenap bakat dan minat peserta didik akan diarahkan dengan maksimal agar mampu menuai prestasi yang membanggakan.

Keberhasilan dalam menjalankan Sabtu Seru karena ada peran wali peserta didik yang memberikan dukungan sepenuhnya.

Dikatakan oleh Pelaksana Tugas (Plt) SDN Podoroto Kesamben, Mukhamad Zainur Rofiq, M.Pd.I. sekarang ini dilaksanakan Sabtu Seru. Jadi setiap akhir pekan dilaksanakan pelbagai pembinaan terhadap bakat maupun minat peserta didik baik dari bidang akademik atau non-akademik.

Baca Juga: Rupa Jelita Aloon-aloon Jombang

“Sabtu Seru dimulai puku 07.00 WIB dengan seluruh peserta didik mulai dari kelas I-VI melangsungkan apel seraya menyanyikan lagu nasional dan daerah. Kemudian menggelar permainan untuk saling mengenal teman sebayanya mulai dari kelas rendah sampai tinggi. Tujuannya tiada lain menempa kepercayaan diri dan sikap sosial sesama peserta didik. Dilanjutkan pembinaan bakat minat hingga pukul 10.00 WIB,” terang Mukhamad Zainur Rofiq.

Plt SDN Podoroto Kesamben Mukhamad Zainur Rofiq, M.Pd.I. saat berfoto bersama sebagian guru pada Senin (6/12). (Donny)

Dalam bidang akademik fokus menekankan pada mata pelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) lantaran sebagai upaya regenerasi dalam kompetisi Olimpiade Sains Nasional. Sedangkan untuk non-akademiknya lebih menekankan pada Pramuka, tari, melukis, olah raga, keagamaan, dan Al-Banjari. Menariknya seluruh guru dilibatkan dalam pendampingannya. Apabila tidak ada yang mampu mengampu, SDN Podoroto Kesamben pun kerap mendatangkan pembimbing dari luar satuan pendidikan. Tak lain berupaya dalam memberikan yang terbaik kepada potensi yang dimiliki peserta didik.

Kegiatan Pramuka SDN Podoroto Kesamben. (ist)

Guru Kelas V, SDN Podoroto Kesamben, Darmi, S.Pd.SD. menuturkan selama membina mata pelajaran IPA pihaknya selalu mengkonsep sebelumnya selaiknya menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Hal ini dibuat supaya dalam pembinaannya terarah dan terukur. Selain itu membuat peserta didik kian bersemangat tak sampai merasa terbebani yang pada akhirnya membuatnya bosan.

Peserta didik SDN Podoroto Kesamben saat mengikuti lomba melukis tingkat Kabupaten Jombang tahun 2021. (ist)

Darmi mengatakan, “Keberhasilan dalam menjalankan Sabtu Seru karena ada peran wali peserta didik yang memberikan dukungan sepenuhnya. Bahkan ketika berkompetisi pun wali peserta didik sepenuhnya turut hadir baik secara moril serta materil membantu kesukesan buah hatinya.”

Reporter/Foto: Donny Darmawan/Istimewa

Profil SDN Podoroto Kesamben

Jumlah Peserta Didik: 302

Jumlah Guru: 19

Akreditasi: B

Ekstrakurikuler: Pramuka, Al-Banjari, Baca Kitab Kuning, MIPA.

Prestasi:

Juara I Lomba Adzan Tingkat Kecamatan tahun 2021

Juara Harapan I Renang Gaya Punggung Porseni tahun 2021

Lebih baru Lebih lama