Seni membatik yang dikerjakan oleh peserta didik. (Rabithah)


KUDU – Banyak cara yang dilakukan satuan pendidikan dalam mengenalkan keunggulannya. Utamanya menjelang Penerimaan Pesert Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2022/2023, selaiknya yang digelar oleh SMP Negeri Kudu dengan menyelenggarakan Try Out bagi peserta didik jenjang SD/MI yang kini duduk dibangku Kelas VI pada Selasa (29/3).

Bahkan untuk menarik minat peserta, SMP Negeri Kudu tak ragu memberikan apresiasi bagi peraih nilai sepuluh terbaik. Sehingga menambah minat partisipasi peserta didik sehingga dapat menjaring sekitar 320 peserta Try Out.

Para peserta pun bisa menjajal kesenian membatik yang sekarang ini sedang dikembangkan oleh SMP Negeri Kudu guna memfasilitasi potensi peserta didik.

Diungkapkan Kepala SMP Negeri Kudu, Heri Sukamto, S.Pd., M.MPd. ini adalah aksi pertama di satuan pendidikan yang berada di Utara Sungai Brantas. Setelah membentuk kepanitiaan, langsung diikuti dengan pelbagai persiapan yang memakan waktu hingga lebih kurang dua pekan lamanya.

Baca Juga: SMP Al-Furqan Madrasatul Quran Diwek Wadahi Kreativitas Peserta Didik

“Soal Try Out sengata dibuat dengan mengacu pada Assesmen Kompetensi Minimum. Pengerjaannya pun sudah cukup modern karena menggunakan Google Form sehingga dengan cepat hasilnya dapat diketahui oleh para peserta,” jelas Heri Sukamto.

Kesuksesan kegiatan Try Out kali ini tak lepas dari kerjasama dan gotongroyong antara segenap panitia, guru, serta anggota OSIS SMP Negeri Kudu, imbuh Heri Sukamto. Jadi selain mendapatkan apresiasi, juga diberikan piagam penghargaan bagi peraih sepuluh nilai terbaik.

Kepala SMP Negeri Kudu, Heri Sukamto, S.Pd., M.MPd. (Rabithah)

Sementara itu Ketua Panitia Try Out, Hadi Purnomo, S.Pd. menuturkan para peserta pun bisa menjajal kesenian membatik yang sekarang ini sedang dikembangkan oleh SMP Negeri Kudu guna memfasilitasi potensi peserta didik. Sehingga dapat mencairkan suasana setelah selesai mengerjakan soal Try Out.

Jajaran panitia sedang membimbing peserta Try Out Ujian Sekolah. (Rabithah)

Hadi Purnomo menyampaikan, “Untuk media membatiknya sudah disiapkan oleh panitia yakni kain seukuran tamplan meja. Jadi, peserta Try Out secara langsung bisa mempraktikan setelah mendengarkan penjelasan dari pantia yang mendapinginya. Dengan demikian ada pengalaman baru yang diperoleh meski hanya terhitung sebentar berkunjung ke SMP Negeri Kudu.”

Reporter/Foto: Rabithah Maha Sukma

Lebih baru Lebih lama