Sujiati, S.Pd. saat bergaya di depan ruang kelas TK Tunas Mandiri Sumobito. (Rabithah)

SUMOBITO – Kepala sekolah selain menjadi pemimpin di satuan pendidikan juga mesti mampu menciptakan suasana pembelajaran yang nyaman. Tentunya dengan memperhatikan segala kebutuhan sarana prasana yang menunjang dalam kesuksesan pembelajaran.

Langkah itulah yang dilakukan Kepala TK Tunas Mandiri Sumobito, Sujiati, S.Pd. dalam memenuhi sarana prasarana sehingga mampu untuk memberikan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan anak didik. Meskipun diakui dalam perjalanannya tidaklah semudah yang dibayangkan. Penuh liku hingga akhirnya tercapai.

Pengalaman tersebut menjadi inspirasi bagi Sujiati guna menyusun bahan Best Practice yang mengantarkannya menjadi Juara I Kepala Sekolah Berprestasi, Jenjang TK Se Kabupaten Jombang Tahun 2021. Mengusung tema Halaman Aman, Teratur, Indah, dan Nyaman (Hatinya) berhasil menuntaskan penulisan karya ilmiahnya tersebut di tengah kesibukan dalam kurun waktu dua pekan saja.

Keberadaan sarana prasarana yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran sangat berpengaruh dan mensukseskan pembelajaran dengan bermacam model.

Sujiati menuturkan, “Beruntungnya terdapat pendampingan yang diberikan oleh Wilayah Kerja Pendidikan (Wilkerdik) Kecamatan Sumobito saat itu. Sehingga ketika dinilai sudah siap, langsung saya ajukan sebagai bahan presentasi di Kabupaten Jombang.”

Menurut pengalaman Sujiati, keberadaan sarana prasarana yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran sangat berpengaruh dan mensukseskan pembelajaran dengan bermacam model. Demikian pun sarana prasarana lain yang menunjang selaiknya perabot, alat belajar, bermain, kamar mandi, dan lain sebaginya.

Baca Juga: Dialog Kebangsaan De Durian Park Saatnya Siapkan Generasi Muda Visioner

“Dahulu TK Tunas Mandiri Sumobito sangat terbatas sekali sarana dan prasarananya. Hingga pembelajaran harus dilakukan di asalah satu sudut rumah saya, berkat bantuan dari pelbagai pihak akhirnya pada 2015 berhasil membangun ruang kelas baru. Kemudian di 2021 berkembang membangun aula pertemuan,” tegas Sujiati yang telah menjadi kepala sekolah sejak 2012 itu.

Peraih Juara I Kepala Sekolah Berprestasi Jenjang TK Kabupaten Jombang Tahun 2021, Sujiati, S.Pd. (Rabithah)

Sekarang ini tinggal melengkapi dan merawat saja. Sudah terbangun area parkir, sanitasi hingga pagar pengaman serta beberapa pohon peneduh. Melihat perbedaan itulah yang bisa jadi indikator penilaian keberhasilannya meraih juara. Selain tentunya keruntunan dalam penulisan karya tulis ilmiahnya sehingga langsung dipahami dengan baik oleh para juri. ¾ rabitha maha

Profil Sujiati, S.Pd.

Tempat, Tanggal lahir : Jombang, 15 Juli 1972.

Hobi : Berolahraga voli dan senam.

Prestasi :

a). Juara I Kepala Sekolah Berprestasi Jenjang TK, Kecamatan Sumobito tahun 2016, 2018, 2019, dan 2021.

b). Juara II Kepala Sekolah Berprestasi Jenjang TK, Kecamatan Sumobito tahun 2017 dan 2020.

c). Juara Juara I Kepala Sekolah Berprestasi Jenjang TK, Kabupaten Jombang Tahun 2021.
Lebih baru Lebih lama