Penampilan anak didik TK Pertiwi Bandar Kedungmulyo pada parade drumband. (ist)


BANDAR KEDUNGMULYO – Banyak langkah yang bisa dilakukan dalam menggali kelebihan anak didik dan mengembangkan sebagai potensinya, tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi semuanya. TK Pertiwi Bandar Kedungmulyo pun membenarkan kondisi itu. Apalagi ketika buah hatinya mampu menampilkan sesuatu yang memukau. Pasti menjadi sebuah kekaguman tersendiri baik itu wali anak didik, guru, maupun secara keseluruhan civitas di satuan pendidikan tersebut.

Oleh karenanya, TK Pertiwi Bandar Kedungmulyo mengalakan kegiatan musik drumband untuk anak didiknya. Selain mampu meningkatkan kinerja motorik anak didik, drumband secara tidak langsung akan melatih kedisiplinan, kekompakan, kerjasama, dan masih banyak lagi kebaikan lainnya.

Diungkapkan Kepala TK Pertiwi Bandar Kedungmulyo, Siti Faizah, S.Pd.AUD. bahwa drumband sudah menjadi citra dalam satuan pendidikan yang dikomandoinya tersebut. Lantaran semenjak duabelas tahun terakhir telah dijadikan kegiatan wajib yang harus diikuti oleh anak didik. Apalagi dahulu saat mengawalinya mendatangkan pelatih yang sudah berpengalaman di drumband.

Karena latar usia mereka masih anak-anak, maka masih belum dapat konsisten dan mood pun kadang berubah dengan cepat. Oleh karena itu, harus bijak dalam mengarahkan. 

“Tetapi sekarang telah dilatih oleh gurunya sendiri. Hal ini tidak bisa dipungkiri karena keterlibatan guru sejak pertama kali kegiatan drumband diadakan. Sehingga dengan sendirinya mereka memperhatikan dan akhirnya pun bisa karena juga menjajal alat musiknya pula,” terang Siti Faizah.

Baca Juga: Pernik Tradisi Perayaan Imlek

Bahkan dengan turun tangan langsung pada 2015, para guru sudah mengenal karakter anak didik sehingga dapat lebih mudah dalam melatihnya. Keuntungan lainnya pun bebas menentukan lagu serta bisa merotasi pembagian peran anak didik. Tidak dielakkan juga dapat lebih menghemat biaya yang dikeluarkan.

Kepala TK Pertiwi Bandar Kedungmulyo, Siti Faizah, S.Pd.AUD. (Rabithah)

Guru Kelas B, TK Pertiwi Bandar Kedungmulyo, Rum Mujiasih, S.Pd. menuturkan dalam pelaksanaannya memang dikhususkan bagi anak didik kelas B. Sebanyak 25 anak didik semuanya diikutkan dan dibagi beberapa kelompok disesuaikan dengan alat musik yang dimainkan. Sampai mempunyai lagu andalan yaitu Mbok Jamu dan Dua Mata Saya setiap kali aksi wajib dimainkan oleh drumband yang memiliki nama Nada Pelangi tersebut.

Anak didik TK Pertiwi Bandar Kedungmulyo melakukan latihan drumband. (ist)

Rum Mujiasih berkisah tantangannya ketika melatih anak didiknya, “Karena latar usia mereka masih anak-anak, maka masih belum dapat konsisten dan mood pun kadang berubah dengan cepat. Oleh karena itu, kami harus bijak dalam mengarahkan. Apalagi latihan hanya sepekan tiga kali dan diberikan durasi waktu satu jam. Menjadikan anak didik merindukan ingin memainkan alat-alat musik lainnya.”

Kepala beserta jajaran guru TK Pertiwi Bandar Kedungmulyo. (Rabithah)

Jalinan kerjasama dengan wali anak didik pun dibina dengan baik. Alhasil pelbagai dukungan terutama untuk kostum panggungnya yang menyesuaikan tema acara selalu dipenuhi. Misalkan saja baju kebaya saat Kartini, Perwira ketika Hari Kemerdekaan, dan Busana Muslim sewaktu memperingati Hari Besar Agama Islam.

Reporter/Foto: Rabithah Maha Sukma/Istimewa

Lebih baru Lebih lama