JOMBANG – Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang mempunyai inisiasi di awal 2022 dengan membuat museum mini serta pameran sejumlah Jaladwara dan beberapa benda arkeologi. Menariknya benda arkeologi tersebut merupakan hasil eskavasi di sejumlah situs cagar budaya yang terletak di Telatah Kebo Kicak.


Semua sudah tertata rapi. Selain peserta didik di setiap jenjang pendidikan yang sudah dijadwalkan hadir serta mendapatkan sajian wawasan ditambah dongeng mengenai beda-benda arkeologi tersebut. Masyarakat umum pun dipersilahkan hadir dan menyaksikan langsung riwayat Kota Santri dari temuan benda arkeologi itu.



Plt. Kepala Disdikbud Kabupaten Jombang, Jumadi, S.Pd., M,Si. berharap ini menjadi pintu gerbang kepada masyarakat luas dalam mengetahui serta mempelajari sejarah panjang yang telah terjadi di Jombang. Hal ini dikarenakan temuan dari Kerajaan Majapahit hingga Airlangga dapat dibilang sebagai Hostorical Lanscape dan tentunya masih banyak lagi yang hingga saat ini belum ditemukan.



Semakin semarak dengan pelbagai acara lain yang menyertai seperti pameran lukisan seputar Jombang oleh Komunitas Pelukis Jombang, penampilan kesenian peserta didik, bahkan para guru pun turut unjuk gigi mempertontonkan kebolehannya.

Reporter/Foto: Luhur. W. Wijaya

Lebih baru Lebih lama