Ilustrasi anak sedang mandi. (ist)


NASIONAL - Mandi merupakan rutinitas yang umumnya dilakukan setiap hari. Biasanya orang mandi dua hingga tiga kali dalam sehari. Namun dari sisi kesehatan, seberapa sering Anda perlu mandi?

Sebagaimana dilansir WebMD, mandi terlalu sering dapat menghilangkan lapisan pelindung minyak dan keseimbangan bakteri baik yang ada pada kulit. Lapisan ini berfungsi melindungi kulit dari kekeringan dan kuman. Jika lapisan ini menipis maka kulit akan muda kering, gatal, dan iritasi. Tak hanya itu, kuman dan alergen juga akan mudah masuk sehingga menyebabkan infeksi kulit atau reaksi alergi.

Mandi yang terlalu sering juga dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh membutuhkan rangsangan dari kuman, termasuk yang hidup di kulit. Jika tubuh terlalu sering dibersihkan dengan cara digosok, maka tubuh tidak memiliki kesempatan untuk memproduksi antibodi.

Tak ada patokan khusus terkait frekuensi mandi bagi semua orang. Semuanya bergantung pada gaya hidup Anda.

Meski mandi terlalu sering dapat menyebabkan gangguan, jarang mandi juga dapat menimbulkan masalah. Selain bau badan, terlalu jarang mandi bisa menyebabkan penumpukan minyak hingga terjadi penumpukan bakteri penyebab jerawat. Penumpukan minyak juga dapat menyebabkan masalah kulit lainnya, seperti pengelupasan kulit di kulit kepala (ketombe) dan eksim.

Lantas Berapa Frekuensi Mandi Yang Tepat Sehari-hari?

Sejumlah dokter mengungkapkan mandi setiap sehari sangat cocok bagi banyak orang. Tetapi bagi banyak orang, dua hingga tiga kali seminggu sudah cukup dan bahkan mungkin lebih baik untuk menjaga kesehatan.

Baca Juga: SDN Wonokerto II Wonosalam Sinergi Prestasi dan Budi Pekerti

Oleh karena itu, tak ada patokan khusus terkait frekuensi mandi bagi semua orang. Semuanya bergantung pada gaya hidup Anda. Misalnya orang-orang yang menghabiskan waktu berjam-jam di bawah terik matahari tentu perlu mandi lebih sering dibandingkan orang yang bekerja di dalam ruangan. Begitu pula dengan durasi mandi, tak ada ketentuan khusus terkait durasi mandi yang tepat. Namun durasi mandi yang berlebihan akan berefek buruk bagi rambut dan kulit.

Anda cukup menggosok tubuh selama tiga hingga 5 menit dan fokus pada bagian tubuh tertentu seperti wajah, ketiak, dan selangkangan. Anda tidak perlu menggosok setiap inci dari kulit kecuali jika Anda baru selesai melakukan aktivitas yang membuat seluruh tubuh menjadi kotor.

Anda juga tidak perlu keramas setiap hari. Cukup hanya dengan 2 hingga 3 kali seminggu, Anda bisa merawat rambut dengan baik. Suhu air yang digunakan saat mandi juga akan memengaruhi tubuh. Anda lebih baik menggunakan suhu air hangat dibandingkan panas untuk menjaga kelembaban kulit.

Sumber/Rewrite: cnnindonesia.com/Tiyas Aprilia

Lebih baru Lebih lama