Peserta didik SDN Wonokerto II saat membuat Pohon Literasi. (ist)


WONOSALAM – Berprestasi adalah sebuah kebanggaan. Tidak hanya bagi diri sendiri, melainkan orang-orang di sekitarnya. Itulah yang terus memotivasi SDN Wonokerto II Wonosalam dalam menggembleng peserta didiknya agar mampu meraih prestasi baik di bidang akademik maupun non-akademik.

Dalam menanamkan budi pekerti kepada peserta didik tidak murni dalam suatu pembelajaran tertentu. Melainkan melalui pembiasaan di kegiatan kesehariannya. Dengan demikian, peserta didik mampu memadukannya tanpa merasakan ada tekanan.

Kepala SDN Wonokerto II Wonosalam, Edi Kustijono, S.Pd. mengatakan dalam mendulang prestasi selain membina potensi peserta didik, sebelumnya perlu menjalin komonikasi yang apik antara guru dan wali peserta didik. Diharapkan dengan adanya komonikasi, maka telah terjalin kesepakatan unuk saling mendukung sesuai dengan perannya masing-masing.

Baca Juga: Tips Agar Tidak Lanjut Tidur Usai Sahur

Edi Kustijono mengungkapkan, “Misalkan saja dalam pementasan seni. Pastilah wali peserta didik ingin diberikan ruang untuk menampilkan hasil latihan buah hatinya. Seperti pada agenda lepas kenang kelas VI. Dari menari, menyanyi, dan membaca puisi. Seolah ada kebanggaan yang terbesit dibenak wali peserta didik atas kemampuan yang ditunjukkan oleh putra/putrinya.”

Jajaran Guru dan Kepala SDN Wonokerto II Wonosalam. (Donny)

Buah manis pun akhirnya dipetik oleh SDN Wonokerto II Wonosalam, karena salah satu peserta didiknya mampu menjadi Juara I Lomba Bahasa dan Seni Siswa serta dalam Pesta Siaga Pramuka 2021 di tingkat kecamatan. Pembinaan secara intensif dilakukan kala ekstrakurikuler, serta kedepannya akan merambah cabang lain sehingga seluruh kemampuan peserta didik terwadahi.

Penyerahan trofi juara Pesta Siaga. (ist)

Selain memburu prestasi, di SDN Wonokerto II Wonosalam pun tak meninggalkan pendidikan budi pekerti. Selain sebagai bekal penting di masa mendatang. Juga adanya budi pekerti yang baik disetiap peserta didik nantinya akan membantu dalam kehidupan sosialnya di masyarakat.

Memperingati Hari Guru Nasional. (ist)

Guru Kelas IV, SDN Wonokerto II Wonosalam, Ari Widodo, S.Pd. menuturkan dalam menanamkan budi pekerti kepada peserta didik tidak murni dalam suatu pembelajaran tertentu. Melainkan melalui pembiasaan di kegiatan kesehariannya. Dengan demikian, peserta didik mampu memadukannya tanpa merasakan ada tekanan.

Upacara memperingati Hari Santri Nasional. (ist)

“Sejalan dengan itu juga dikuatkan gerakan literasi dasar yang tak hanya bersifat tekstual. Artinya, mengenalkan kepada peserta didik secara langsung seperti sikap empati sosial yang tinggi, tenggang rasa antar sesama, dan pelbagai hal-hal baik lainnya. Itu pun tak hanya di baca. Melainkan dapat dilakukannya langsung ketika menjumpai peristiwa yang serupa di lingkungan satuan pendidikannya.”

Reporter/Foto: Donny Darmawan

Profil SDN Wonokerto II Wonosalam

Berdiri : 1975

Jumlah Guru : 9

Jumlah Peserta Didik : 117

Prestasi :

Juara I Menyanyi Lomba Bahasa dan Seni Siswa Tahun 2021 Tingkat Kecamatan

Juara 1 Menyanyi Putri Pesta Siaga Pramuka Tahun 2021 Tingkat Kecamatan

Lebih baru Lebih lama