Ilustrasi mendapat uang THR. (ist)


NASIONAL - Di antara pekerja boleh jadi baru menerima tunjangan hari raya (THR). Meskipun Menteri Tenaga Kerja mewajibkan pengusaha bayar THR paling lambat tujuh hari sebelum Lebaran.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 6 Tahun 2016 tentang THR Keagamaan bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan, THR Keagamaan merupakan pendapatan non upah yang wajib dibayarkan oleh pengusaha kepada pekerja/buruh menjelang Hari Raya Keagamaan.

Dana THR juga bisa digunakan untuk banyak hal lain yang bermanfaat bagi keuangan kita.

Bagi mereka yang baru menerima THR, ada baiknya menyimak pendapat perencana keuangan Prita Ghozie. Ia membagikan tips bagaimana memanfaatkan THR agar tak menguap begitu saja.

Selain itu, alokasikan budget THR, seperti untuk zakat dan sedekah, THR dan angpao, kebutuhan Lebaran. Di samping itu dana darurat, lunasi paylater atau kartu kredit, opsional. Berikutnya, kita alokasikan THR berdasarkan urutan prioritas. Untuk persentasenya, bisa mengikuti ataupun juga bisa diubah. Sebesar lima hingga 20 persen untuk zakat dan sedekah.

Baca Juga: SMP Negeri 1 Mojoagung Ikebana Himpun Potensi di Bidang Kesenian

Prita Ghozie mengatakan utamakan untuk memenuhi kewajiban zakat fitrah di bulan Ramadhan dan perbanyak sedekah. Berikutnya, untuk #temanPrita yang memiliki kewajiban zakat mal namun dana tidak ada, maka THR bisa digunakan untuk menunaikannya.

20 Persen untuk THR dan Angpao

Salah satu cara bagaimana uang bisa membeli kebahagiaan adalah saat kita bisa berbagi dengan orang lain. Momen mendapat THR tentu saja pas jika digunakan untuk memberikan kepada kembali kepada keluarga tercinta, seperti orangtua maupun keponakan.Jangan lupa, untuk yang memiliki pegawai di rumah untuk memberikan THR sesuai dengan haknya.

20-30 Persen untuk Kebutuhan Lebaran

Seusai dengan namanya yaitu tunjangan hari raya, maka peruntukan THR memang sebaiknya juga diprioritaskan untuk memenuhi kebutuhan Lebaran. Kita coba start dari kebutuhan dulu, seperti hidangan Lebaran, mudik atau berkunjung ke saudara. Lalu, bisa diikuti juga dengan keinginan seperti baju Lebaran, renovasi rumah kecil-kecilan.

20 Persen untuk Menyehatkan Keuangan

Momen lebaran, bukan hanya hati yang kembali suci, tapi sebisa mungkin keuangan juga dibuat lebih sehat. Adanya tambahan dana THR ini sangat baik apabila digunakan untuk menambah dana darurat yang sudah dikumpulkan.

Selain itu, gunakan untuk melunasi saldo PayLater ataupun tagihan-tagihan kartu kredit. Intinya, jika masih banyak kewajiban, maka usahakan untuk menunda keinginan-keinginan.

20 Persen untuk Opsional

Dana THR juga bisa digunakan untuk banyak hal lain yang bermanfaat bagi keuangan kita. Ia memberi contoh menambah tabungan untuk membeli hewan kurban, membayar premi asuransi setiap tahunnya, memulai invetasi. Jika masih memiliki kelongaran anggaran, tentu sangat baik untuk tetap berinvestasi.

Lebih baru Lebih lama