Fakhri Firdaus belajar mengarsir bersama tantenya Suci Evi Dianingsih (Kiri) dan Kepala KB Tri Dharma Bareng, Ira Khusnul Khotimah. (Rabithah)


BARENG – Perhelatan Final Apresiasi Mengarsir Mama Mia yang sukses digelar Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia Kabupaten Jombang pada Sabtu (22/1) menyisakan kenangan manis bagi Fakhri Firdaus. Sabab, ia berhasil menjuarai ajang tersebut berkat strategi yang diatur bersama sang tante.

Dijumpai disela kegiatannya bermain, Fakhri Firdaus mengakui memang memiliki hobi menggambar dan mewarnai. Terlebih mewarnai pemandangan langit, gunung, rumah, dan ayam. Tak lupa juga menyampaikan warna kesukaannya yaitu biru matang yang digunakan untuk mewarnai langit.

Anak laki-laki berpostur tinggi itu dengan penuh senyum mengungkapkan, “Tidak takut untuk berlomba di satuan pendidikan maupun di luar. Sebab, selain bisa jalan-jalan juga banyak bertemu teman baru.”

Sebelum itu telah meramu strategi dengan Fakhri Firdaus. Berbagi tugaspun dilakukan berdasar kesukaan Fakhri Firdaus sewaktu latihan yaitu menggambar bagian atap rumah dan langit, juga berdasar warna kesukaannya. Tak lupa menyiapkan pelbagai mainan dan makanan ringan agar tidak bosan.

Tante dari Fakhri Firdaus, Suci Evi Dianingsih menegaskan sangat disayangkan ibunda Fakhri Firdaus tidak bisa mendampingi dalam berlomba, lantaran memiliki pekerjaan yang tak bisa digantikan di Kota Surabaya. Oleh karena itu, ia bersedia mewakili agar Fakhri Firdaus tidak kecewa, sebelum itu juga telah meminta izin pihak satuan pendidikan.

Baca Juga: SDN Brudu Sumobito Matematika Realistik Tingkatkan Kualitas Pembelajaran

“Sebelum mengikuti seleksi tingkat kecamatan telah berlatih selama dua hari dengan Fakhri Firdaus. Tak menyangka terpilih mewakili Kecamatan Bareng dengan mengalahkan sekitar 323 peserta lainnya. Kemudian berlatih kembali selama dua hari sebelum berlenggang menuju final,” beber Suci Evi Dianingsih.

Fakhri Firdaus bersama sang tante Suci Evi Dianingsih. (Rabithah)

Ketika sampai di tempat final Apresiasi Mengarsir Mama Mia yaitu Aula I Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang, perempuan berkulit putih itu tak menampik bahwa sempat merasa gugup. Namun ketenangan dan kebahagiaan yang terpancar dari wajah Fakhri Firdaus seakan membangkitkan semangatnya.

Perempuan berhijab itu membeberkan, “Sebelum itu telah meramu strategi dengan Fakhri Firdaus. Berbagi tugaspun dilakukan berdasar kesukaan Fakhri Firdaus sewaktu latihan yaitu menggambar bagian atap rumah dan langit, juga berdasar warna kesukaannya. Tak lupa menyiapkan pelbagai mainan dan makanan ringan agar tidak bosan.”

Hasil karya mengarsir Fakhri Firdaus bersama Suci Evi Dianingsih. (Rabithah)

Sementara itu, menurut Kepala KB Tri Dharma Bareng, Ira Khusnul Khotimah, bahwa Fakhri Firdaus memang tergolong anak didik yang tenang dan bisa berkonsentrasi dengan baik. Ketika berlatih, menekankan pada teknik mengarsir, lantaran awalnya Fakhri Firdaus terbiasa dengan kegiatan mewarnai dan menggambar saja.

Latihan pun dimulai dengan mengenal bentuk garis tegak, lengkung serta mengenal komposisi warna, tandas Ira Khusnul Khotimah. Meski diperbolehkan menggunakan alat bantu seperti penggaris, Fakhri Firdaus dan tantenya memilih secara alami saja menggoreskan spidol warnanya.

Reporter/Foto: Rabithah Maha Sukma

Profil Fakhri Firdaus

Satuan Pendidikan : KB Tri Dharma Bareng

Tanggal Lahir : 29 Agustus 2017

Hobi : Mewarnai langit, gunung, dan ayam

Warna Favorit : Biru Matang dan Kuning

Cita-cita : Polisi

Lebih baru Lebih lama