Peserta didik menikmati pameran lukisan juga mengerjakan tugas merangkum. (Rabithah)


JOMBANG – Suara gamelan mengalun sahdu sedari pagi pada acara Gelar Potensi Budaya yang digawangi oleh Bidang Kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang pada (26 s.d 27/1). Semua tamu yang hadir seakan terkesima dengan tampilan pelbagai kesenian hingga meriahnya pelbagai pameran kewirausahaan.

Berharap acara Gelar Potensi Budaya dapat digelar rutin tiap tahunnya. Sehingga semakin menggemakan kekayaan budaya Kabupaten Jombang kepada masyarakat, terutama peserta didik.

Diungkapkan oleh Kepala Bidang Kebudayaan, Disdikbud Kabupaten Jombang, Dian Yunitasari, M.Pd. bahwa telah menyiapkan acara ini selama satu minggu dan bersyukurnya semua berjalan lancar. Hanya saja terdapat beberapa temuan cagar budaya berupa arca yang belum dihadirkan pada hari pertama, namun berhasil lengkap di hari berikutnya. Peserta didik yang hadir merupakan perwakilan dari jenjang SD, SMP dan SMA Negeri di Kabupaten Jombang, serta tetap mematuhi protokol kesehatan lantaran telah dijadwalkan kedatangannya.

Baca Juga: Upaya Meningkatkan Dupak Guru

Dian Yunitasari merincikan, “Terdapat lima suguhan gelar potensi budaya yaitu Pameran Lukisan oleh Komunitas Pelukis Indonesia (KoPI) Jombang, Dedongengan Sejarah Kabupaten Jombang, Pentas Seni yaitu karawitan SMP Negeri 2 Jogoroto dan penampilan Wayang Potehi. Keempat, Galeri Cagar Budaya yang memamerkan sebagian hasil temuan yang berjumlah lebih kurang 50 benda. Terakhir yaitu Bazar Kewirausahaan dan Kuliner Khas Desa.”

Dian Yunitasari, M.Pd. saat menjelaskan kepada peserta didik perihal temuan cagar budaya. (Rabithah)

Para penampil rata-rata mempunyai latar yang mengesankan serta membanggakan. Seperti halnya SMP Negeri 2 Jogoroto selaku penamppil kesenian karawitan yang merupakan Juara Lomba Seni Siswa Nasional Kabupaten Jombang. Sedangkan Wayang Potehi sendiri adalah warisan adiluhung dari kekayaan budaya Indonesia dan diakui sebagai warisan budaya tak benda. Sementara pelbagai komunitas ataupun acara lainnya, ingin memberikan dukungan sebesarnya terhadap kesuksesan Gelar Potensi Budaya untuk pertama kalinya ini.

Jumadi, S.Pd., M.Si. saat memberikan sambutan. (Rabithah)

Plt. Kepala Disdikbud Kabupaten Jombang, Jumadi, S.Pd., M.Si. sangat mengapresiasi atas terobosan Bidang Kebudayaan, Disdikbud Kabupaten Jombang yang menggandeng lintas kelompok maupun Organisasi Perangkat Daerah dalam merancang Gelar Potensi Budaya. Baginya ini gambaran langkah sederhana dalam mengenalkan budaya serta kesenian Kota Santri yang sangat beraneka ragam dan dapat menjadi satu kombinasi yang apik. Khususnya mewujudkan visi Pemerintah Kabupaten Jombang untuk lebih Berkarakter dan Berdaya Saing.

Peserta didik mengikuti kuis pengetahuan budaya, hingga memperebutkan hadiah menarik. (Rabithah)

“Kita pastinya berharap acara Gelar Potensi Budaya dapat digelar rutin tiap tahunnya. Sehingga semakin menggemakan kekayaan budaya Kabupaten Jombang kepada masyarakat, terutama peserta didik yang notabene penerus di masa akan datang,” ungkap Jumadi.

Reporter/Foto: Rabithah Maha Sukma

Lebih baru Lebih lama