Penyerahan bendera sebagai simbol penutupan Musda IGI Kabupaten Jombang. (Donny)


MOJOWARNO – Sebagai organisasi pemompa kompetensi dan keprofresionalan para guru, Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Jombang,terus mengasah kekompakan anggotanya melalui Musyawarah Daerah (Musda) kedua yang dilaksanakan di Laboratorium IPA SMP Negeri 1 Mojowarno pada (5-6/2). Dihadiri oleh 16 anggota dan pengurus yang terdiri dari satuan pendidikan jenjang SD, SMP, MTs, SMA, SMK Negeri dan Swasta, pelaksanaan Musda terbagi menjadi beberapa tahapan, diantaranya melantik ketua serta kepengurusan baru dan sekaligus membentuk dua bidang organisasi baru.

Ketua IGI Kabupaten Jombang terpilih periode 2022-2027, Yoni Tri Joko Kurnianto, S.Pd., M.Si. menerangkan latar belakang terbentuknya dua bidang baru organisasi yakni Bidang Kemitraan dan Kewirausahaan serta Bidang Literasi Numerasi memang disesuaikan dengan kondisi yang ada saat ini. Dalam kata lain, kedua bidang tersebut akan menambah daya dan warna bagi IGI Kabuapten Jombang dalam berkiprah di dunia pendidikan Kota Santri ini.

Pembentukan dua bidang organisasi baru sebagai wujud regenerasi kepengurusan IGI Kabupaten Jombang. Tak lupa pola dan bentuk komonikasi dengan stakeholders di daerah maupun setingkat provinsi harus pula dijaga.

“Bidang Kewirausahaan dan Kemitraan baru terbentuk karena melihat kebutuhan organisasi dalam segi kerjasama pendanaan dengan pihak-pihak yang memiliki kesamaan visi misi dalam meningkatkan mutu dan profesional seorang guru. Sebab secara tegas dalam Anggaran Dasar Rumah Tangga IGI Kabupaten Jombang tidak menarik iuran yang bersumber dari anggota. Kemudian perihal Bidang Literasi Numerasi menjadi daya dukung kepada para guru untuk lebih membudayakannya di satuan pendidikan. Kedua bidang organisasi baru tersebut tentu telah kita verifikasi keanggotannya dan sesuai dengan kemampuan tiap individunya, agar program serta gagasan baru nantinya tidak sampai macet di tengah jalan,” jelas Yoni Tri Joko Kurnianto.

Baca Juga: SDN Blimbing Gudo Siniergikan Mulok Keagamaan, Pendidikan Diniayah, dan PAI

Fokus kerja IGI Kabupaten Jombang kedepannya juga mengacu pada tiga hal. Diantaranya, penguatan sinergi pada organisasi profesional guru lainnya, sosialisasi program IGI Kabupaten Jombang pada para guru di seluruh jenjang satuan pendidikan, dan terakhir ialah IGI Go To School. Pengejawantahannya ialah IGI Kabupaten Jombang siap melayani permintaan Bimtek maupun Diklat perihal materi pembelajaran.

Ketua IGI Wilayah Jawa Timur, Sukari, S.Pd., M.Pd. (Donny)

Ketua IGI Wilayah Jawa Timur, Sukari, S.Pd., M.Pd. yang juga hadir dalam penutupan Musda kedua IGI Kabupaten Jombang pada (6/2), cukup mengapresiasi langkah rekan seperjuangannya dalam memegang komitmen panji organisasi IGI. Termasuk memperbarui dan membentuk dua bidang organisasi baru di wilayah kewirausahaan dan kemitraan serta literasi numerasi.

Yoni Tri Joko Kurnianto, S.Pd., M.Si.

Sukari menyampaikan harapannya, “Pembentukan dua bidang organisasi baru sebagai wujud regenerasi kepengurusan IGI Kabupaten Jombang. Tak lupa pola dan bentuk komonikasi dengan stakeholders di daerah maupun setingkat provinsi harus pula dijaga, karena melalui komonikasi inilah nantinya IGI baik di daerah maupun wilayah mampu bersinergi demi pemajuan juga peningkatan mutu pendidikan dan profesional guru.”

Reporter/Foto: Donny Darmawan

Lebih baru Lebih lama