Kegiatan ekstrakurikuler orkestra. (ist)


TEMBELANG – Aktivitas pembelajaran akademik dan non-akademik haruslah terlaksana terpadu di setiap satuan pendidikan. Selain membekali peserta didik dengan kematangan dua kompetensi tersebut, juga akan ada catatan jelas dalam rapornya akan kemampuannya.

Terdapat pengembangan bakat yang terselenggara berdasar tiga pilar, yaitu mandiri ilmu, ibadah, dan ekonomi.

Itulah yang menyebabkan SMP Kiai Mojo Tembelang senantiasa mencari cara agar potensi peserta didik mampu terfasilitasi dengan baik. Tentunya tak dilupakan membina semangat belajar peserta didik agar selalu terjaga. Kepala SMP Kiai Mojo Tembelang, Adib Bagus Mustofa, S.Pd. mengungkapkan salah satu caranya yakni menggelar Munaqosah yaitu menguji kemampuan peserta didik.

Baca Juga: Fakhri Firdaus Raih Prestasi, Berbagi Strategi

Mekanismenya dilaksanakan setiap akhir tahun pelajaran. Peserta didik secara bergantian menghafalkan beberapa materi kegamaan dan umum yang telah ditentukan oleh guru pengajar. Selain itu juga terdapat sesi tanya jawab atau kuis yang dilontarkan secara acak.

Kepala SMP Kiai Mojo Tembelang, Adib Bagus Mustofa, S.Pd. (Rabithah)

“Menariknya Munaqosah dilaksanakan secara langsung disaksikan seluruh civitas akademika SMP Kiai Mojo Tembelang. Hal ini dimaksudkan agar peserta didik memiliki motivasi belajar yang lebih dari biasanya. Menjadi kebanggaan tersendiri tatkala mendapat pujian dari tamu undangan. Namun apabila tidak lancar menghafal atau belum dapat menjawab pertanyaan maka akan memantik semangatnya agar belajar lebih giat lagi,” ujar Adib Bagus Mustofa yang pernah mengajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan ini.

Civitas akademika SMP Kiai Mojo Tembelang. (ist)

Meski baru terselenggara dua tahun, Munaqosah yang terselenggara secara Live Youtube ini disambut baik oleh wali peserta didik, lantaran sebagian besar peserta didik berasal dari luar Kabupaten Jombang. Sehingga, meski terlahang jarak tetap dapat memantau perkembangan belajar buah hatinya.

Guru Pendidikan Agama Islam (PAI), SMP Kiai Mojo Tembelang, Rochmad Zakaria Abidin, S.Pd. (Rabithah)

Sementara itu terkait pembelajaran non-akademik, dijelaskan Guru Pendidikan Agama Islam (PAI), SMP Kiai Mojo Tembelang, Rochmad Zakaria Abidin, S.Pd. bahwa terdapat pengembangan bakat yang terselenggara berdasar tiga pilar, yaitu mandiri ilmu, ibadah, dan ekonomi. Diantaranya yaitu musik orkestra, gamelan, menjahit, Pramuka, pertanian sistem aquaponik, Bahasa Arab, dan Inggris. Namun, dinilai paling digandrungi peserta didik yaitu orkestra.

Penampilan orkestra SMP Kiai Mojo Tembelang. (ist)

Rochmad Zakaria Abidin mengatakan,”Ekstrakurikuler orkestra dilaksanakan saban hari Selasa. Peserta didik yang tergabung berjumlah 12 orang dan telah memiliki pelatih, alat musik dan sound sistem lengkap. Sehingga telah mampu tampil di pelbagai acara baik lingkup satuan pendidikan maupun di luar.”

Reporter/Foto: Rabithah Maha Sukma/Istimewa

SMP Kiai Mojo Tembelang:
1. Tahun berdiri : 2012
2. Jumlah Civitas Akademika : 23
3. Jumlah Peserta Didik : 30
Prestasi :

  • Juara I Menulis Puisi Kabupaten Jombang Tahun 2021
  • Juara II Menulis Cerpen Kabupaten Jombang tahun 2021.

Lebih baru Lebih lama