Proses mewarnai rangka Festival HUT TK Negeri Pembina Tembelang. (ist)


TEMBELANG – Situasi pembelajaran di satuan pendidikan yang menyenangkan serta terekam apik dalam relung anak didik, akan menjadi daya dorong yang luar biasa dalam membangkitkan imajinasinya. Nantinya berangkat dari imajinasi itulah, lahir pelbagai kreativitas anak didik yang positif.

Menyadarinya pentingnya hal itu, TK Negeri Pembina Tembelang tidak ingin melewatkan masa emas anak didik begitu saja. Oleh karena itu, bersamaan dengan momentum hari jadi keduanya pada (15/1) menghelat Festival Mewarnai dengan melibatkan sejumlah satuan pendidikan sekitar.

Anak didik dikenalkan pula teknik gradasi warna yang sangat digemari. Hal ini juga sebagai upaya melatih anak didik terampil memadukan beberapa warna untuk menjadi warna baru.

Kepala TK Negeri Pembina Tembelang, Endah Dewanti, S,Pd, menjelaskan pemilihan Festival Mewarnai karena dianggap mampu menjadi mediator dalam membangkitkan daya imajinasi dan kreatifitas anak didik. Selain itu TK Negeri Pembina juga mengajak sejumlah lembaga di sekitar seperti Taman Posyandu Mawar, KB Ar-Rosul, dan KB An-Naja, guna merajut silahturahmi yang dapat berkembang menjadi kerjasama dalam pembelajaran nantinya.

Baca Juga: Cara Mengelola Dana THR yang Tepat

“Diakui kontribusi lembaga sekitar dalam menunjang keberadaan anak didik baru di TK Negeri Pembina Tembelang. Untuk itu penting sekali membangun kepercayaan kepada anak didik sekaligus walinya bahwa pendidikan di sini dijalankan dengan baik setra profesional,” tegas Endah Dewanti.

Jajaran guru TK Negeri Pembina Tembelang. (ist)

Endah Dewanti menerangkan dalam pelaksanaan teknisnya memang tidak disamaratakan semuanya. Melainkan dilihat berdasar tingkatannya masing-masing sehingga ada penyesuaian gambar yang bakal diwarnai. Tentunya dengan menelaah latar pendidikan anak didik sehingga dapat sesuai dengan kemampuan yang dipelajari selama ini. Tetapi masih dalam satu runut tema yang serupa yakni Ulang Tahun.

Senam bersama sebelum mewarnai bersama. (ist)

Guru Kelas A, TK Negeri Pembina Tembelang, Umi Hanifah, S.Pd.AUD merasakan dampaknya paska digelarnya Festival Mewarnai. Anak didik menjadi lebih termotivasi dalam belajar pengenalan warna dan beragam teknik dasar mewarnai. Setali dengan itu akhirnya dijadikan sebagai metode pengembangan pembelajaran di TK Negeri Pembina Tembelang.

Turut pula anak didik dari dua lembaga KB yang ikut mewarnai bersama. (ist)

Umi Hanifah menyampaikan, “Anak didik dikenalkan pula teknik gradasi warna yang sangat digemari. Hal ini juga sebagai upaya melatih anak didik terampil memadukan beberapa warna untuk menjadi warna baru. Melihat hasilnya yang berdampak baik untuk buah hatinya, membuat wali anak didik kian mendukung kegiatan serupa dilaksanakan rutin.”

Reporter/Foto: Donny Darmawan/Istimewa

Profil TK Negeri Pembina Tembelang


Berdiri : 15 Januari 2020

Jumlah Anak Didik : 41

Jumlah Guru : 6

Lebih baru Lebih lama