Kegiatan senam bersama di halaman SMK Negeri 3 Jombang. (Rabithah)


JOMBANG – Komunikasi menjadi salah satu kunci kelancaran jalinan kerjasama di suatu organisasi. Oleh karena itu, Cabang Dinas Pendidikan (Cabdin) Provinsi Wilayah Kabupaten Jombang sebagai Organisasi Perangkat Daerah yang membawahi satuan pendidikan jenjang SMA Sederajat melaksanakan pelbagai kegiatan guna memberikan ruang berkomonikasi satu sama lainnya.

Kepala Cabdin Provinsi Wilayah Kabupaten Jombang, Sri Hartati, S.Sos., MM. menegaskan bahwa tanpa adanya komunikasi baik secara formal maupun informal maka mustahil suatu kesepakatan atau tujuan dapat tercapai. Terlebih saat ini masih terbilang baru menjabat di Kota Santri ini, maka dinilai perlu pengenalan, pendekatan hingga menjalin sebuah kesepakatan tujuan.

Sangat mengapresiasi gerilya komunikasi informal yang di inisiasi oleh Kepala Cabdin Provinsi Wilayah Kabupaten Jombang. Lantaran selain membugarkan badan juga dapat bertukar informasi sekaligus membangun silahtuhrahmi yang elok.

Sri Hartati mengatakan “Komunikasi tak hanya dapat terjalin formal ketika sedang duduk bersama di meja rapat, namun dapat dijalankan lebih luas dan luwes. Misalnya dengan olahraga, makan atau menggeluti hobi bersama-sama.”

Baca Juga: Kedudukan Rapor Digital dalam PPDB

Salah satu pola komunikasi yang digalakan saat ini adalah dengan senam bersama, kata Sri Hartati kepada Majalah Suara Pendidikan. Setelah maupun sebelum senam para peserta dapat berbincang santai terkait permasalahan atau arah kegiatan di dunia pendidikan kedepannya. Program ini dilaksanakan setiap hari Jumat, secara bergilir antar satuan pendidikan. Diawali dengan SMA Negeri 2 Jombang dan SMK Negeri 3 Jombang, selanjutnya dapat berlanjut pada satuan pendidikan lainnya yang bersedia, lantaran tak ada kriteria secara khusus.

Sri Hartati, S.Sos., MM. (Rabithah)

Ditemui usai pelaksanaan senam bersama pada Jumat (28/1), Kepala SMK Negeri 3 Jombang, Drs. Khasanuddin, MMPd. mengungkapkan bahwa sangat mengapresiasi gerilya komunikasi informal yang di inisiasi oleh Kepala Cabdin Provinsi Wilayah Kabupaten Jombang. Lantaran selain membugarkan badan juga dapat bertukar informasi sekaligus membangun silahtuhrahmi yang elok.

Drs. Khasanuddin, MMPd. (Rabithah)

Contohnya membincangkan persiapan ajang Kompetensi Siswa Nasional yang digelar bulan Maret ternyata cukup asyik dilakukan sambil bersantai, kata Khasanuddin. Selain itu juga penentuan satuan pendidikan yang menjadi tempat penyelenggaraan dan segala pernik instansi yang bersangkutan semisal dengan Telkom dan PLN Kabupaten Jombang. Akhirnya tidak berjalan berat dan dapat dipahami bersama.

Seluruh peserta senam. (Rabithah)

“Perihal peserta senam tidak ada patokan khusus, hanya saja dibatasi kuotanya tak lebih dari 50 orang. Diantaranya adalah perwakilan guru yang sedang tidak ada jam mengajar, kepala sekolah satuan pendidikan terdekat dan pegawai Cabdin Provinsi Wilayah Kabupaten Jombang hingga perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang,” jelas Khasanuddin dengan diakhiri sebaris senyuman.

Reporter/Foto: Rabithah Maha Sukma

Lebih baru Lebih lama