Agenda senam ceria. (Rabithah)


WONOSALAM – Kematangan dalam berorganisasi ditentukan pula oleh kepiawaian dan kecakapan pengurusnya dalam menjadi sosok seorang pemimpin. Untuk itulah Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kabupaten Jombang menggelar Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) guna mengasah para anggotanya diseluruh kecamatan se Kabupaten Jombang.

Dikatakan oleh Ketua Himpaudi Kabupaten Jombang, Tita Aniqowardani, S.Pd. LDK yang digelar pada (18 s.d 19/3) di Asriloka Wonosalam juga sebagai ajang pelantikan 21 Ketua Himpaudi Kecamatan. Selain itu diikuti tiga perwakilan Himpaudi Kecamatan diantaranya yang menjabat sebagai sekretaris, bendahara, dan anggota.

Tentunya bukanlah perkara mudah dalam mengajar anak didik. Dibutuhkan kesabaran, keikhlasan hati, juga ketelatenan. Terlebih untuk menyesuaikan dengan kurikulum yang berlaku.

“Terhitung ada sekiranya 80 peserta. Mereka dilatih dalam penguatan organisasi, character building, dan leadership langsung oleh Pengurus Wilayah Asosiasi Pelatih PAUD Indonesia Provinsi Jawa Timur, Dr. Wujiati, S.Pd., M.Si. Selanjutnya ada refleksi yang disampaikan Tim Asriloka Wonosalam,” jelas Tita Aniqowardani.

Baca Juga: Rapor Digital Menyongsong PPDB 2022/2023

Selain itu supaya mematangkan mental dan merekatkan rasa kekeluargaan para pengurus Himpaudi juga diikutkan dalam kegiatan outbond dari memanah, flaying fox, berjalan di atas tali, jaring laba-laba hingga sejumlah permainan lain yang mendukung dalam pembentukan kemampuan berorganisasi. Ditambah bagi tim yang kompak dan mampu menyelesaikan semua permainan akan mendapatkan hadiah menarik, hal ini tentu kian menyemarakkan acara LDK tersebut.

Paparan materi leadership. (Rabithah)

Sekretaris Daerah Kabupaten Jombang, Agus Purnomo, S.H., M.Si. yang turut hadir sangat mengapresiasi upaya dari Himpaudi Kabupaten Jombang dalam mematangkan kemahiran berorganisasi pengurusnya. Oleh karenanya, lelaki yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang itu berharap hasilnya berbanding lurus juga dalam pembelajaran dengan peserta didik.

Jajaran tamu undangan dan ketua Himpaudi Cabang se Kabupaten Jombang. (Rabithah)

Agus Purnomo menuturkan, “Tentunya bukanlah perkara mudah dalam mengajar anak didik. Dibutuhkan kesabaran, keikhlasan hati, juga ketelatenan. Terlebih untuk menyesuaikan dengan kurikulum yang berlaku.”

Agenda Outbond. (Rabithah)

Kepala Bidang Pembinaan PAUD-PNF Disdikbud Kabupaten Jombang, Moh Suyuti, S.Sos., M.M. mengucapkan selamat kepada seluruh Ketua Himpaudi Kecamatan yang sudah dilantik. Berharap agar langsung dapat menyesuaikan diri guna menyukseskan program Himpaudi secara umum, seperti pembentukan dan pengembangan kelompok kerja bunda PAUD Holistik Integratif serta menyukseskan program pemerintah dalam menanggulangi stunting atau kekurangan gizi pada anak.

Reporter/Foto: Rabithah Maha Sukma

Lebih baru Lebih lama