Beberapa Egrang yang dimainkan oleh peserta didik. (Donny)


WONOSALAM – Ada banyak cara yang diterapkan oleh satuan pendidikan dalam menciptakan pembelajaran bermakna. Artinya mampu membekas dan masuk ke relung hati peserta didik. Seperti halnya yang digulirkan SDN Carangwulung I Wonosalam dengan memulai Lelaku Kamis Suka Budaya dengan mengajak peserta didik mengenal ragam permainan tradisional, seni, jajanan, hingga tata krama serta tradisi Jawa.

Disampaikan Kepala SDN Carangwulung I Wonosalan, Iswandi, S.Pd. ketika launching Lelaku Kamis Suka Budaya pada Sabtu (26/2) di hari Rabu dan Kamis seluruh warga satuan pendidikan wajib mengenakan seragam bermotifkan adat. Ini pun sudah disepakati sebelumnya dengan wali peserta didik.

Baca Juga: Jombang Masih Kekurangan Guru

Iswandi menerangkan, “Jadi pendekatan terhadap lingkungan sekitar dengan perspektif budaya. Menyarikan nilai-nilai luhur budaya yang sudah ada di tengah lingkungan sehingga dapat diserap sebagai salah satu sumber ilmu pengetahuan. Tidak hanya kepada peserta didik, tetapi menyeluruh ke civitas akademik.”

Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian SD, Bidang Pembinaan SD, Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang, Drs. Kasmuji Raharja, M.Pd. melihat adanya Lelaku Kamis Suka Budaya merupakan pengejawantahan dari kreasi dan visi kerja kepala satuan pendidikan. Berangkat dari kearifan budaya lokal yang sangat memungkinkan dikatakan dalam segala bentuk kegiatan pendidikan khususnya di SDN Cawangwulung I Wonosalam.

Reporter/Foto: Donny Darmawan

Lebih baru Lebih lama