Peserta berlatih menulis khot naskhi menggunakan metode al thariqah al hamidiyah fi tahsin al kitabah al i’tidaiyah. (ist)


WONOSALAM – Kelompok Kerja Guru (KKG) Pendidikan Agama Islam atau PAI, Keagamaan Islam, dan Pendidikan Diniyah Se Kecamaran Wonosalam menggelar kegiatan Tahsinul Kitabah yang merupakan tahapan pertama dalam pembelajaran seni kaligrafi khususnya kaligrafi klasik. Dalam Tahsinul Kitabah merupakan belajar menulis Huruf Arab dengan baik dan benar.

Bekerjasama dengan Sekolah Kaligrafi Al Quran (Sakal) dari Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang. Hal ini dikarenakan Sakal P Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang satu-satunya lembaga di Kota Santri yang fokus pada penulisan Al Quran dan kaligrafi. Selain itu pula banyak prestasi yang diraih dikejuaraan khit serta kaligrafi di tingkat internasional.

Pada pelatihan kali ini ditekankan untuk menulis dengan baik dan benar. Barulah menulis bagus, indah, dan menawan.

Guru PAI SDN Sambirejo I Wonosalam serta panitia pelaksana, M. Adlan Fahmi menuturkan tujuan dilaksanakannya Tahsinul Kitbah selain memberikan wawasan pagi para guru. Tentunya juga cara mengajarinya kepada peserta didik.

Baca Juga: Memahami Perbaikan Jalan Kota Santri

Sementara itu Narasumber Tahsinul Kitabah, Ustadz Ro’is Maulana menjelaskan bahwa kaligrafi berbeda dengan khot. Secara harfiah memang makna daripada kaligrafi adalah seni menulis indah. Jadi tak hanya dalam Huruf Arab, tetapi bisa juga dengan tulisan jenis huruf lainnya.


Penyerahan hasil tashih Tahsinul Kitabah. (ist)

“Pada pelatihan kali ini ditekankan untuk menulis dengan baik dan benar. Barulah menulis bagus, indah, dan menawan,” terang Ustadz Ro’is Maulana.


Peserta mentashihkan tulisannya. (ist)

Ustadz Ro’is Maulana menambahkan metode yang digunakan adalah metode Al Thariqah Al Hamidiyah Fi Tahsin Al Kitabah Al I’tidaiyah. Metode penulisan Huruf Arab ini dengan mengelompokan sesuai arah jarum jam sebagaimana sanad Syeikh Belaid Hamidi dari Mesir. Pada metode ini, untuk memudahkan belajar, huruf-huruf Hijaiyah dikelompokkan menjadi 3 macam, yaitu : huruf-huruf yang penulisannya searah jarum jam, berlawanan dengan arah jarum jam, dan vertical.

Penulis: M. Adlan Fahmi

Lebih baru Lebih lama