Kegiatan Fun Games English Kids di Rumah Pintar Juanda Cendekia. (ist)








FOTO:

1. 

2. 

3. 



JOMBANG – Mengenalkan moda transportasi kepada anak didik tidak hanya berkutat pada gambar ataupun video saja. Melainkan menimba pengalaman sendiri tentu akan meninggalkan sebuah kesan yang lebih mendalam. Oleh karena itu, Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (Himpaudi) Kabupaten Jombang mengadakan tour mengenalkan beragam moda transportasi secara langsung.

Ketua Himpaudi Kabupaten Jombang, Tita Aniqowardani, S.Pd. menuturkan pengenalan moda transportasi kepada anak didik sudah dilakukan sejak awal Februari 2022. Bekerjasama dengan PT KAI, Pelindo III Surabaya, dan Bandar Internasional Juanda sehingga anak didik dapat menyaksikan sendiri kereta api, kapal, hingga pesawat terbang.

Kesempatan ini tidak kami sia-siakan tentunya dalam melatih kepekaan serta konsentrasi anak didik. Senyampang itu menjadi wahana rekreasi bagi anak didik sehingga pembelajaran menjadi berbeda daripada biasanya.

Tita Aniqowardani mengatakan, “Selain itu, anak didik akan menghimpun pengalamannya sendiri tentang moda transportasi darat, laut, dan udara. Ditambah pula bantuan dari pendamping tour yang selalu sigap untuk mesimulasi serta mengenalkan jenis-jenis transportasi pada anak didik.”

Baca Juga: Pembelajaran Asyik Praktik Bersama Lab IPA Disdikbud Kabupaten Jombang

Pola pembelajaran secara langsung seperti ini praktis membuat anak didik merasakan sendiri pengoperasian moda transportasi tersebut. Tentunya juga mengetahui wujud aslinya kereta api, kapal, maupun pesawat terbang. Juga mengenal serangkaian profesi yang menyertainya selaiknya masinis, nakhoda, serta pilot sebagai pengemudi moda transportasi tersebut.

Anak didik KB/TK Mutiara Hati Mojowarno berfoto di Bandara Udara Juanda. (ist)

Yayasan Mutiara Hati Mojowarno yang sudah melakukan model pembelajaran ini membuktikan mampu menggugah semangat belajar anak didik. Diakui Ketua Yayasan Mutiara Hati Mojowarno, Indah Yuniarti, S.Psi. kala KB dan TK Mutiara Hati Mojowarno berkesempatan menjalankan model pembelajaran moda transportasi itu pada (7-8/2) turut membuat anak didik lebih senang. Hal itu dikarenakan anak didik dijelaskan tentang jenis, kegunaan, serta pengoperasian moda transportasi serta dapat mempraktikannya pula.

Anak didik mendapatkan penjelasan jenis perlengkapan keamanan transportasi udara. (ist)

“Kesempatan ini tidak kami sia-siakan tentunya dalam melatih kepekaan serta konsentrasi anak didik. Senyampang itu menjadi wahana rekreasi bagi anak didik sehingga pembelajaran menjadi berbeda daripada biasanya. Disisi lain juga membantu anak didik dalam melatih kepercayaan diri serta membangun daya imajinasinya,” terang Indah Yuniarti.

Reporter/Foto: Donny Darmawan/Istimewa

Lebih baru Lebih lama