Lia Dwi Servita saat memimpin peserta didiknya berlatih Tari Remo. (Donny)


GUDO – Kepercayaan wali peserta didik ketika menempatkan buah hatinya di sebuah satuan pendidikan harus dijawab dengan keberhasilan. Tak harus dengan merengkuh prestasi yang menjadi kebanggan, melainkan dapat mengembangkan potensi yang ada dirinya. Mengenai prestasi adalah bonus yang diperoleh dari kerja kerasnya.

Menyadari akan hal itu membuat SDN Wangkalkepuh Gudo memaksimalkan keberadaan potensi akademik maupun non-akademik dengan pelbagai kegiatan yang dapat diikuti dan menjadi jembatan dalam meningkatkan kompetensinya. Diungkapkan Kepala SDN Wangkalkepuh Gudo, Sulami, M.Pd. untuk bidang akademik pendidikan keagamaan diutamakan. Sehingga sejak peserta didik menginjakan kaki di SDN Wangkalkepuh Gudo langsung dikenalkan bacaan Asmaul Husna. Kelamaan dengan sendirinya akan membuat peserta didik hafal, sebab dilakukan secara berulang.

Agar berhasil menari dengan baik, peserta didik harus konsisten dan bersemangat ketika mengikuti latihan. Sebab Tari Remo termasuk tarian yang menguras tenaga.

“Hal ini ternyata membangun kepercayaan masyarakat sekitar SDN Wangkalkepuh Gudo. Membuat mempercayakan pendidikan putra-putrinya disini. Terhitung dalam penerimaan peserta didik baru tahun pelajaran ini mengalami peningkatan. Dari yang semula jumlahnya puluhan peserta didik, kini sudah mencapai ratusan,” pungkas Sulami.

Baca Juga: 

Sementara di bidang non-akademik, peserta didik bisa mengikuti ekstrakurikuler Tari Remo. Selain mengenalkan, langkah ini dianggap melestarikan dengan mempelajarinya secara langsung. Oleh karena itu, ketika akan bergabung peserta didik diwajibkan terlebih dahulu mengikuti seleksi.

Pelatih Ekstrakurikuler Tari Remo, SDN Wangkalkepuh Gudo, Lia Dwi Servita, S.Pd.SD. agar berhasil menari dengan baik, peserta didik harus konsisten dan bersemangat ketika mengikuti latihan. Sebab Tari Remo termasuk tarian yang menguras tenaga.

Kegiatan Mulok Diniyah di Kelas V. (Donny)

Lia Dwi Servita mengatakan, “Mulai dari Wiraga (Gerakan), Wirasa (Ekspresi), dan Wirama (Penyesuaian Irama) haruslah dipelajari dengan matang. Untuk itu peserta didik harus menikmati setiap kali latihan dan tidak menganggap sebagai beban. Makanya disela latihan bisa diselingi dengan menyanyikan tembang dolanan Jawa.”

Sulami saat memberikan arahan sebelum peserta didik berlatih Tari Remo. (Donny)

Hasil ketekunan latihan peserta didik SDN Wangkalkepuh Gudo pada 2021 berhasil meraih Juara III Tari Remo dalam perhelatan Jombang Scots Challenge. Sulami pun mengapresiasi atas pencapaian ini. Sekaligus membuktikan keberhasilan guru di SDN Wangkalkepuh Gudo dalam menjalankan tugasnya sebagai fasilitator pembelajaran secara profesional.

Reporter/Foto: Donny Darmawan

SDN Wangkalkepuh Gudo


Akreditasi : A

Jumlah Guru : 9

Jumlah Peserta Didik : 102

Prestasi : Juara II POR SD Se Kabupaten Jombang Cabang Tenis Meja Putri Tahun 2021

Lebih baru Lebih lama