Aditya Wisnu Wardana saat menunjukkan trofinya. (Donny)


BARENG – Pepatah lama bilang Buah Jatuh Tak Akan Jauh dari Pohonnya, serasa tepat sekali jika disandingkan kepada Juara I Macapat dalam Lomba Bahasa dan Seni Siswa jenjang SD Tahun 2021, Aditya Wisnu Wardana. Sebab dahulunya dari kakek, nenek, paman, hingga ayahnya sendiri berkecimpung di dunia kesenian.

Meskipun begitu segala capaian yang diraih peserta didik Kelas VI, SDN Bareng III ini diraihnya dengan latihan keras. Baik oleh ayah dan pamannya yang secara bergantian melatihnya agar lebih fasih dalam menembangkan Macapat.

Aditya Wisnu Wardana menceritakan ketika awal mengikuti seleksi di tingkat kecamatan, terhitung hanya memiliki waktu persiapan dua hari saja. Itu pun hanya digunakan untuk menonton pelbagai sajian tembang Macapat di kanal YouTube.

Berkeinginan mengembangkan kemampuannya tidak hanya di bidang tembang Macapat saja. Melainkan lintas kesenian lain yang sangat memungkinkan untuk digapai dan bisa menjadi kebanggan kelak.

“Selanjunya saya merekam tembang Maskumambang dan dikirimkan ke ayah yang bekerja di luar kota. Tujuannya tiada lain supaya ada perbaikan ataupun masukan yang bermanfaat,” kisah Aditya Wisnu Wardana.

Baca Juga: Kebiasaan Sepele yang Bikin Cegukan

Sewaktu lolos di tingkat kabupaten membuat Aditya Wisnu Wardana semakin giat berlatih. Terlebih ada persyaratan membawakan tembang Dhurma. Selain memiliki durasi lebih panjang jika dibandingkan dengan jenis tembang yang lainnya, cara pembawannya pun membutuhkan keahlian dalam meliukan cengkok. Akhirnya berkat sang paman melatih secara intensif, kepiawaian dalam melanggamkan tembang Dhurma itu beranjak sempurna.

Aditya Wisnu Wardana menembang di halaman sekolah. (Donny)

Aditya Wisnu Wardana menuturkan, “Memanfaatkan waktu selama empat hari untuk berlatih keras. Apalagi menembangkan Dhurma membutuhkan kecermatan ketika momentum perubahan nada slendro ke pelog di tengah bait.”

Kedepannya Aditya Wisnu Wardana berkeinginan mengembangkan kemampuannya tidak hanya di bidang tembang Macapat saja. Melainkan lintas kesenian lain yang sangat memungkinkan untuk digapai dan bisa menjadi kebanggan kelak.

Reporter/Foto: Donny Darmawan

Profil Aditya Wisnu Wardana


Tempat, Tanggal, Lahir : Jombang, 28 September 2009

Hobi : Bermain Wayang dan Berkomedi

Tokoh Idola : Almarhum Ki Seno Nugroho dan Ki Manteb Sudarsono

Lebih baru Lebih lama