Ilustrasi seseorang sedang cegukan. (ist)


NASIONAL - Meski sepele, cegukan ternyata sangat mengganggu apalagi cegukan setelah makan. Ternyata kebiasaan atau cara makan bisa jadi penyebab cegukan. Seperti dilansir dari Mayo Clinic, cegukan merupakan kondisi diafragma mengencang tiba-tiba. Saat mengencang, pita suara menutup dan tercipta suara 'hik' yang khas.

Berikut kebiasaan selama bersantap yang memicu cegukan.

Makan buru-buru
Anda pasti pernah berada di posisi kelaparan dan saat makanan tiba, Anda segera bersantap dan kadang nyaris tanpa aktivitas mengunyah. Makan buru-buru pun kerap terjadi di pagi hari jelang berangkat kerja. Tidak heran Anda sering cegukan.

Ahli gastroenterologi, Elena A. Ivanina mengatakan makan terlalu cepat akan memasukkan banyak udara atau gas ke perut. Perut terletak di sebelah diafragma sehingga saat perut kembung, ini akan memicu kontraksi diafragma alias cegukan.

Makan terlalu banyak
Kadang tanpa sadar Anda makan terlalu banyak bahkan melebihi kapasitas perut. Elena A. Ivanina berkata makan terlalu banyak akan memenuhi dan melebarkan perut. Ini pun bisa 'menyenggol' diafragma dan memicu cegukan.

Serba pedas
Tidak bisa bersantap tanpa sambal atau saus cabe? Hobi makan makanan pedas bisa jadi salah satu penyebab cegukan. Elena A. Ivanina menjelaskan makanan pedas dan cegukan tidak memiliki 100 persen keterkaitan yang jelas. Namun sebagian orang memang langsung cegukan setelah bersantap serba pedas. Satu teori menyebutkan kandungan cabai yakni capsaicin bisa mengiritasi diafragma dan menimbulkan kontraksi.

Perubahan suhu mendadak
Bukan makanannya yang memicu cegukan, tapi kondisi temperatur saat Anda makan. Di luar cuaca mungkin begitu panas dan Anda segera berharap masuk mal dan ke restoran untuk makan. Perubahan dari suhu panas ke dingin secara ekstrem mampu memicu kontraksi pada diafragma. Kontraksi pun bisa timbul saat ada perubahan suhu mendadak pada makanan misalnya Anda makan semangkuk bakso panas dan disusul es teh.

Minum soda
Makanan cepat saji kadang tidak lengkap tanpa minuman soda. Namun setelah bersantap, Anda cenderung cegukan. Dilansir dari Well and Good, minum minuman bersoda membuat Anda memasukkan udara ekstra ke perut.

Sumber/Rewrite: cnnindonesia.com/Tiyas Aprilia

Lebih baru Lebih lama