Peserta didik bersama para guru melakukan Istighosah. (Donny)


BANDAR KEDUNGMULYO – SDN Banjarsari Bandar Kedungmulyo, menelorkan program rutin keagamaan yang dinamai Jumat Santri (Jusan). Saban Jumat seluruh peserta didik mulai dari kelas I-VI diajak untuk Salat Dhuha, Istighosah, dan dilanjutkan dengan membaca Juz Amma yang dibentuk kelompok sesuai kelas masing-masing.

Kepala SDN Banjarsari Bandar Kedungmulyo, Purnomo, S.Pd.SD. menjelaskan dasar tercetusnya program Jusan berawal dari gagasan guru dan pembimbing Muatan Lokal (Mulok) Keagamaan dan Diniyah yang ingin menebalkan pemahaman keagamaan peserta didik. Selain itu tujuan besar dari Jusan sendiri tak lain untuk menciptakan suasana pendidikan pesantren di tingkat dasar.

Terdapat peningkatan pemahaman peserta didik atas ilmu keagamaan melalui Jusan. Seraya menumbuhkan karakter berbasis agama.

“Jusan juga merupakan simbol harmonisasi antara SDN Banjarsari Bandar Kedungmulyo dengan masyarakat setempat yang notabene berkultur religius. Sehingga, untuk pelaksanannya setiap Jumat telah ditunjuk guru dan pembimbing Mulok Keagamaan serta Diniyah yang telah berkompeten dan berlatar belakang sebagai alumnus pesantren,” jelas Purnomo.

Baca Juga: Diseminasi Kemitraan Upaya Menyusun Modul Pembelajaran yang Tepat

Pembimbing Diniyah SDN Banjarsari Bandar Kedungmulyo, Abdurohman Rozaqi, S.Pd. menuturkan, seturut pengalamannya membersamai peserta didik dalam belajar keagamaan, memang terdapat kekurangan dari segi waktu yang ada di pembiasaan. Kekurangan ini ditandai dari beberapa pembacaan/hafalan surah pendek Juz Amma dan lafal Nadhom Diniyah yang masih membutuhkan perbaikan.

Peserta didik membaca Juz Amma. (Donny)

Abdurohman Rozaqi menjelaskan, “Metode yang kita gunakan dalam Jusan yakni dengan cara memakai lagu yang semangat dalam Nadhoman dan kelompok baca Juz Amma secara bersama-sama. Lewat pola semacam ini, peserta didik otomatis selalu mendengar dan melihat temannya yang sudah hafal, lalu tergerak untuk bersemangat dalam memperbaiki cara bacanya.”

Peserta didik melakukan Salat Dhuha bersama. (Donny)

Senada dengan Abdurohman Rozaqi, Guru Pendidikan Agama Islam, SDN Banjarsari Bandar Kedungmulyo, Ika Fatma Nurhayati, S.Pd.I membenarkan jika terdapat peningkatan pemahaman peserta didik atas ilmu keagamaan melalui Jusan. Seraya menumbuhkan karakter berbasis agama.

Reporter/Foto: Donny Darmawan

Lebih baru Lebih lama