Sudah lumrah Matematika bak sebuah momok dalam pelajaran. Padahal kalau merubah cara pandang sebelum pemebelajaran dan menekankan bahwa Matematika itu mudah dan menyenangkan, pasti akan semakin banyak peserta didik yang tertarik. Oleh karena itulah, guru harus mempunyai strategi yang tepat dalam belajar Matematika sehingga peserta didik tak sampai terbebani. Berikut beberapa metode yang bisa di coba ketika belajar Matematika bersama peserta didik,

a) Mengajar Berdasarkan Konsep

Matematika identik dengan sesuatu yang abstrak. Maka untuk memulainya dengan mudah, perlu didasari dengan konsep pengajaran yang konkret, terutama di tingkat dasar. Bisa dimulai dengan mencontohkan atau memulai mengenalkan Matematika dengan hal-hal sederhana yang ada di lingkungan peserta didik.

b) Memperhatikan Konteks Materi Ajar

Guna mempermudah dan mempercepat pemahaman peserta didik, guru mesti kreatif dalam memanfaatkan atau membuat alat peraga yang sesuai dengan materi ajarnya. Sebagai contoh, ketika membahas jenis jenis ruas, garis, dan ruang, maka harus disertai contoh objek yang sesuai dan dapat dilihat atau digambar langsung oleh peserta didik.

c) Menggali Pemahaman Peserta Didik

Mengajarkan Matematika memang membutuhkan tahapan demi tahapan. Dimulai dari pengurangan dan penjumlahan sederhana, lalu dilanjutkan ke tahap berikutnya yang memiliki kompleksitas tersendiri. Tentunya peran guru mutlak dibutuhkan untuk memantau pemahaman setiap peserta didiknya. Tujuannya agar peserta didik tidak terputus pemahamannya dalam setiap tahapan yang sudah diajarkan. Hal ini bisa dilakukan dengan mengintensifkan komunikasi dengan peserta didik.

d) Menanamkan Pola Pikir Matematika itu Mudah

Hal ini juga cukup penting, karena berkaitan dengan motivasi belajar pada peserta didik. Apabila sudah diberikan contoh-contoh konkret Matematika yang mudah dipahami, maka harus disertai dengan penanaman pola pikir bahwa belajar matematika itu mudah.

e) Praktik

Serangkaian tahapan pembelajaran Matematika perlu dikembangkan melalui praktik. Terlebih pada praktik yang berkenaan dengan pemecaha masalah sehari-hari. Maka Matematika akan terasa menyenangkan dan mudah bagi peserta didik.

Sumber : Diolah dari pelbagai sumber

Olah Data : Balitbang Majalah Suara Pendidikan

Lebih baru Lebih lama