Kepala SDN Catak Gayam I Mojowarno, Chusnul Machsum, S.Pd. (Rabithah)


MOJOWARNO – Menciptakan karakter dan kepribadian positif peserta didik tidak bisa dilakukan dalam sekali waktu. Melainkan harus berulang dan mentradisikan dalam keseharian. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh SDN Catak Gayam I Mojowarno melalui program Jombang Agamis. Jadi segenap civitas akademik yang ada saban Jumat Legi diajak menjalankan pelbagai kegiatan kegamaan dengan penuh keriangan dan sukacita.

Sebelum menginjak kelulusan, peserta didik diminta menghafalkan Al Quran sesuai kesepakatan. Dengan begitu ada tanggungjawab pribadi selain kebiasaan yang dilakukan setiap harinya.

Diungkapkan oleh Kepala SDN Catak Gayam I Mojowarno, Chusnul Machsum, S.Pd. bilamana program Jombang Agamis sudah dilangsungkan sejak 2014. Bersyukurnya mendapatkan respons yang baik karena masyarakat di Desa Catak Gayam sudah lekat dengan bermacam kegiatan keagamaan. Ditambah banyak guru di SDN Catak Gayam I Mojowarno dikenal sebagai pemuka agama.

Baca Juga: SDN Jatiduwur Kesamben Meleburkan Identitas Lokal dalam Jagat Pendidikan

Chusnul Machsum mengatakan, “Di dalam program Jombang Agamis menampilkan sajian Al Banjari, Qiroah, Tartil, hingga Tahlil. Tak heran bila peserta didik sangat menyambut baik dengan mempersiapkan dengan matang sajian tersebut. Jadi setiap hari Jumat akan melaksanakan latihan rutin sekaligus menyetorkan hafalan Juz Amma, Tahlil, dan Istiqosah.”

Kegiatan Pesantren Ramadan. (ist)

Bahkan guna makin menggugah semangat peserta didik, Guru Kelas V, SDN Catak Gayam I Mojowarno, Uswatun Hasnah, S.Pd.SD. mengatakan sebelum menginjak kelulusan, peserta didik diminta menghafalkan Al Quran sesuai kesepakatan. Dengan begitu ada tanggungjawab pribadi selain kebiasaan yang dilakukan setiap harinya.

 Jajaran guru SDN Catak Gayam I Mojowarno. (ist)

“Dampaknya dapat dirasakan bersama nilai-nilai luhur yang diajarkan dalam agama dipraktikkan dengan baik tanpa ada paksaan. Dari menunjukkan sikap sopan santun terhadap guru dan wali peserta didik, menghargai sesama teman maupun masyarakat dengan baik. Bahkan memiliki kepekaan terhadap kaum duafa maupun yatim sehingga selalu kompak ketika menyelenggarakan santunan.

Reporter/Foto: Rabithah Maha Sukma/Istimewa

SDN Catak Gayam I Mojowarno

Tanggal Berdiri : 1 Januari 1962

Jumlah Guru : 9

Jumlah Peserta Didik : 218

Ekstrakurikuler : MTQ, Al Banjari, Drumband, Robotik, Musik, Pembinaan KSN dan Pramuka

Prestasi : a. 16 Besar Robotik Nasional ITS Surabaya

b. Juara III MTQ Kecamatan Mojowarno

c. Juara I Karate Kabupaten Jombang.

Lebih baru Lebih lama