Peserta didik menghafalkan surat pendek sesuai dengan kupon. (Rabithah)


NGORO – Kegiatan keagamaan masih dirasakan paling tepat dalam meruncingkan pendidikan karakter kepada peserta didik. Itulah yang dilakukan oleh SDN Pulorejo II Ngoro dengan membiasakan peserta didiknya menghafal Al Quran dan dipuncak prosesnya akan diselenggarakan Bazar Tahfidz seperti yang terlaksana pada Sabtu (26/2).

Disampaikan Kepala SDN Pulorejo II Ngoro, Kustiarin, S.Pd. bila sebelumnya selama satu tahun terakhir peserta didik telah mengikuti proses hafalan Al Quran. Mekanisme tiap pagi sebelum pembelajaran di mulai peserta didik menyetorkan hafalan. Baik kepada Guru Pendidikan Agama Islam (PAI), Pembimbing Muatan Lokal Keagamaan maupun Diniyah. Setelah di tes, peserta didik akan menerima paraf serta pelbagai catatan pada lembar prestasi agar memperbaiki lebih sempurna lagi.

Baca Juga: Tahu Telor Bu Kulimah Kolaborasi Apik Tahu Telor dan Bumbunya


Dijelaskan Kustiarin, “Semakin tinggi tingkat kesulitan suratnya, maka makin bagus pula barang yang didapat. Hal ini membuat mereka kian tertantang dan serasa berlomba supaya mendapat hadiah yang menarik, maka mempersiapkan hafalannya juga dengan paripurna.”

Pengawas SD Kecamatan Ngoro, Dra. Ninik Em Wachyuni. M.M. dengan penuh bangga mengungkapkan bahwa mengapresiasi acara Bazar Tahfidz. Selain dinilai kreatif juga mampu memotivasi peserta didik untuk lebih giat menghafal. Kemudian menghadirkan komite beserta wali peserta didik merupakan langkah menjalin komunikasi yang tepat.

Reporter/Foto: Rabithah Maha Sukma

Lebih baru Lebih lama