Pembina KSN IPA, Agus Rakhmanto, S.Pd. saat melaksanakan pembinaan. (Rabithah)

GUDO –
Satuan pendidikan ibarat belanga bagi peserta didik dalam menempa segala kemampuan yang dimilikinya. Baik secara akademis maupun non-akademis akan digembleng dengan pelbagai macam metode supaya menjadi bekal kemampuan yang membanggakan kedepannya. Sejalan dengan itu pelbagai ajang kompetisi pun menjadi medium dalam mengukur kemampuan peserta didik sesungguhnya karena adanya lawan tanding yang belum terbaca sebelumnya.

SMP Negeri 1 Gudo pun menyadari akan pentingnya pengembangan kompetensi peserta didiknya. Sehingga sengaja mengikuti Kompetensi Sains Nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI dengan persipan yang matang salah satunya membentuk ekstrakurikuler Bina KSN.

Dijelaskan Kepala SMP Negeri 1 Gudo, Sugeng, S.Pd., M.Pd. dalam ekstrakurikuler Bina KSN peserta didik akan dibimbing secara mendalam di tiga mata pelajaran yang diujikan dalam KSN yakni IPA, IPS, dan Matematika. Selanjutnya peserta didik diajak untuk melakukan simulasi KSN sehingga tidak mengalami kegugupan dan sudah terbiasa dengan suasana kompetisi.

Untuk jadwal pelaksanaan ekstrakurikuler Bina KSN akan disesuaikan karena ada peserta didik yang bisa jadi mengikuti lebih dari satu mata pelajaran.

“Bina KSN terbilang termasuk ekstrakurikuler yang banyak peminatnya sejak 2013 silam. Ditambah dengan pembimbing hingga dua sampai tiga orang yang menggunakan pelbagai macam metode pembelajaran dengan sebelumnya melakukan penyesuaian dengan gaya belajar peserta didik. Menjadikan anggota ekstrakurikuler Bina KSN merasa nyaman dan terus bertambah tiap tahunnya,” ungkap Sugeng.

Baca Juga: Begini Caranya Asuh Anak Agar Kelak Sukses

Pihak satuan pendidikan pun sepenuhnya memberikan dukungan, dari memfasilitasi kebutuhan dalam pembimbingan selama ekstrakurikuler Bina KSN itu berlangsung. Ditambah pula memberikan apresiasi kepada peserta didik yang berhasil menorehkan prestasi.


Kepala SMP Negeri 1 Gudo, Sugeng, S.Pd., M.Pd. (Rabithah)

Pembina KSN Mata Pelajaran IPA, SMP Negeri 1 Gudo, Agus Rakhmanto, S.Pd. menjabarkan bahwa kegiatan diawali pemetaan peserta didik dari hasil rapor SD, barulah melakukan seleksi langsung, dan mengisi formulir kesediaan untuk mengikuti pembinaan. Diharapkan tak ada paksaan dan tekanan kepada peserta didik ketika tergabung Bina KSN.

Civitas akademika SMP Negeri 1 Gudo. (Rabithah)

Agus Rakhmanto menjelaskan, “Untuk jadwal pelaksanaan ekstrakurikuler Bina KSN akan disesuaikan karena ada peserta didik yang bisa jadi mengikuti lebih dari satu mata pelajaran. Kalau pun mengikuti kompetisi, maka akan diberikan pembimbingan intensif dua pekan sebelum pelaksanaan.”

Reporter/Foto: Rabithah Maha Sukma

SMP Negeri 1 Gudo

Ekstrakurikuler

Atletik, Basket, Paskibra, Takraw, Banjari, Volly, Lukis, TPQ, Kempo, Bulutangkis, Tari, UKS, Bahasa dan Sastra, Drumband, Sepak Bola, Bina KSN, Musik, dan PMR.

Prestasi Bina KSN

Juara I KSN IPS Provinsi Jawa Timur 2018

Juara III Matematika OMNAS Emeral 2021

Juara III KSN Matematika Kabupaten Jombang 2021

Juara III Olimpiade Sains Pelajar Nasional 2021

Juara III Indonesian Math Science English Competition (IMSC) 2022

Juara II Math Science Gamma Multiple Competition 2022

Juara I Math Nasional Education Community Indonesia 2022
Lebih baru Lebih lama