Susiana. (Rabithah)


JOMBANG – Berprofesi sebagai Pengawas SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang memberikan banyak pengalaman bagi Dra. Susiana, M.Si. Hal itu dikarenakan banyak sekali satuan pendidikan yang harus dibina dan didampingi dengan beragam permasalahan serta keunggulannya masing-masing.

Susiana yang pernah menjabat sebagai Kepala SMP Negeri 2 Jombang ini menuturkan, selama menjalankan kunjungan monitoring dan evaluasi banyak permasalahan yang dihimpun. Kesemuanya harus dicarikan solusi yang tepat sesuai peraturan, serta mampu diterima oleh semua pihak. Tentu berharap hasilnya dapat memberikan dampak positif bagi seluruh civitas akademik.

“Kerap kali dijumpai permasalahan guru adalah kelengkapan dan keakuratan berkas penilaian, semisal saja penilaian ranah sikap dan keterampilan yang belum memiliki formula penilaian yang tepat sasaran. Demikian pula implementasi dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, belum sepenuhnya berjalan maksimal,” terang perempuan berkacamata ini.

Tidak bisa dalam sekali proses kemudian selesai. Melainkan berulang kali di coba hingga menemukan muara daripada pemecahan permasalahan tersebut.

Dari banyaknya pengalaman inilah kemudian disarikan Susiana menjadi best practice yang menghantarkannya menjadi Juara I Pengawas Berprestasi Kabupaten Jombang tahun 2021. Sebab, dari sekian permasalahan yang dijumpainya di setiap satuan pendidikan tersebut disimpulkan guna meramu solusi yang tepat.

Susiana mengatakan, “Mengusung judul Workshop Scientific Rapor Mutu saya mencoba dari mengamati, mengumpulkan informasi, menelaah, kemudian mengkomunikasi kepada pihak bersangkutan. Penelitian ini pun berjalan hingga satu tahun lamanya.”

Baca Juga: Bersiap Memasuki Kurikulum Merdeka

Tidak bisa dalam sekali proses kemudian selesai. Melainkan berulang kali di coba hingga menemukan muara daripada pemecahan permasalahan tersebut. Susiana mengakui bahwa sampai berkali-kali melakukan sosialisasi, menyebar angket, hingga mengevaluasinya dan melangsungkan workshop guna membedahnya bersama.

“Barulah menuangkan dalam tulisan sekitar satu bulan prosesnya. Terkait masalah membagi waktu yang kerap menghambat, biasanya saya melakukannya setelah merampungkan rutinitas pekerjaan baik sebagai Pengawas SMP Disdikbud Kabupaten Jombang, maupun di rumah sebagai istri juga ibu. Jadi sering menuliskan best practice ini di kala malam usai Salat Tahajud,” tutup nenek tiga orang cucu ini.

Reporter/Foto: Rabithah Maha Sukma

Biodata

Nama : Dra. Susiana, M.Si.

Pendidikan : S1 Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Surabaya

S2 Magister Administrasi Publik Universitas Wijaya Putra Surabaya.

Hobi : Seni tari dan membaca

Prestasi :

Finalis Best Practice Nasional Tahun 2018

Juara I Pengawas SMP Berprestasi Kabupaten Jombang tahun 2017 dan 2021.

Tokoh Idola : Nabi Muhamad SAW, Ki Hajar Dewantara dan RA Kartini.

Lebih baru Lebih lama