Monalisa ketika membantu anak didiknya menempel gambar. (Donny)


PLANDAAN – Kerjasama yang apik antara pengelola satuan pendidikan dengan pemerintah desa maupun masyarakat setempat akan memberikan dampak positif dalam perjalanannya. Hal itulah yang sangat dirasakan oleh TK Rahayu Plandaan, berkat jalinan kerjasama yang telah terbangun bersama masyarakat, kini berbuah kepercayaan terhadap pendidikan yang dikembangkan satuan pendidikan yang berada di Desa Jipurapah ini.

Diterangkan Kepala TK Rahayu Plandaan, Lina Desiati, hubungan yang terjalin harmonis dengan pemerintah desa maupun masyarakat membuat pemahaman akan pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) semakin terbuka lebar. Tak ayal kondisi ini membuat kepercayaan masyarakat meningkat dalam mempercayakan pendidikan buah hatinya di TK Rahayu Plandaan. Sejalan dengan itu pemerolehan anak didik pun turut melejit.

Guna memberikan pendidikan yang terbaik sesuai dengan kebutuhan anak didik. Oleh karenanya, pelbagai kegiatan pendukung seperti mengikuti lomba mewarnai pun selalu diselenggarakan guna mendorong perkembangan motorik anak.

“Pemerintah desa sangat membantu dalam menyosialisasikan kepada masyarakat sehingga mereka memahami dengan baik pentingnya pendidikan PAUD. Terbukti kini para anak didik sudah mampu menguasai baca tulis dan hitung di usia dini,” terang Lina Desiati.

Baca Juga: Perpustakaan SD Butuh Banyak Sentuhan

Disamping itu pendidikan karakter anak didik selalu di perhatikan, dikatakan oleh Guru Kelas B, TK Rahayu Plandaan, Monalisa, S.Pd. jikalau anak didik sudah dikenalkan serta dicontohkan antara perbuatan baik dan buruk. Dengan demikian anak didik mampu memilah dan mimilih sendiri perbuatan yang akan dilakukan. Pastinya juga akan memiliki dampak yang berpengaruh langsung terhadap dirinya.

Anak didik Kelas B saat menempel guntingan gambar. (Donny)

Monalisa menyampaikan, “Supaya kian terbentuk karakter yang baik, maka anak didik dibiasakan dengan kebiasaan positif. Mulai membaca doa sehari-hari, seperti doa sebelum tidur, dan tata krama kepada orang tua. Begitu pun ketika menumbuhkan semangat nasionalismenya, dikenalkan melalui cara sederhana dari menyanyikan lagu daerah maupun nasional setiap memulai kegiatan belajar dan bermain.

Lina Desiati saat memberikan pembelajaran di kelas A. (Donny)

Walaupun terpaut jarak cukup jauh dengan pusat kota Jombang, tak menyurutkan TK Rahayu Plandaan guna memberikan pendidikan yang terbaik sesuai dengan kebutuhan anak didik. Oleh karenanya, pelbagai kegiatan pendukung seperti mengikuti lomba mewarnai pun selalu diselenggarakan guna mendorong perkembangan motorik anak.

Reporter/Foto: Donny Darmawan

TK RAHAYU PLANDAAN


a. Berdiri : 2009

b. Jumlah Guru : 2

c. Jumlah Anak Didik : 31

Lebih baru Lebih lama