Kepala SMP Negeri 1 Megaluh, Drs. Ahmad Su’ud. mengarahkan peserta Try Out. (Rabithah)


MEGALUH –
Mempersiapkan kematangan peserta didik saat akan menghadapi ujian sekolah, salah satu langkahnya adalah melalui Try Out. Selain latihan mengerjakan soal-soal, peserta didik juga akan ditata kesiapan mentalnya. Bahkan bisa pula hasil dari Try Out dijadikan rujukan dalam mengevaluasi pembelajaran yang berlangsung. Oleh karena itulah, SMP Negeri 1 Megaluh menginisiasi penyelenggaraan Try Out Ujian Sekolah bagi peserta didik SD/MI di kecamatan yang bersebelahan dengan Sungai Brantas tersebut.

Menggunakan platform Quizizz karena materi yang diujikan memiliki kesesuaian antara literasi dan numerasi. Bahkan menampilkan juga data statistik kinerja peserta Try Out Ujian Sekolah.

Diakui Kepala SMP Negeri 1 Megaluh, Drs. Ahmad Su’ud bila memang hasil Try Out Ujian Sekolah bisa dijadikan pijakan dari guru untuk mempersiapkan peserta didiknya dalam menghadapi ujian. Senyampang itu pula dapat memotivasi belajar peserta didik yang dirasakan untuk lebih akrab dengan komputer.

Baca Juga: Mudah dan Menyenangkannya Belajar Matematika

“Selain itu pula kami bermaksud memperkenalkan SMP Negeri 1 Megaluh. Langkah ini dinilai lebih bermanfaat karena menguntungkan kedua belah pihak. Sehingga tak perlu kebingungan lagi dalam menetapkan pilihan untuk melanjutkan jenjang pendidikannya,” terang Ahmad Su’ud.


Ketua Panitia Try Out, Yuli Herianto, S.Pd. saat menjelaskan peraturan Try Out. (Rabithah)

Antusias peserta cukup besar, terbukti dari 16 SD dan 8 MI tercatat sebanyak 421 yang mengikuti Try Out Ujian Sekolah ini, tutur Wakil Kepala SMP Negeri 1 Megaluh, Bidang Kesiswaan, Dra. Sri Rahayu. Terlebih lagi dalam pelaksanaannya menggunakan komputer, sehingga semakin membiasakan peserta didik dengan kemajuan teknologi.

Bazar makanan sehat. (Rabithah)

Disampaikan Ketua Pelaksana Try Out Ujian Sekolah, Yuli Herianto, S.Pd. bahwa menggunakan platform Quizizz karena materi yang diujikan memiliki kesesuaian antara literasi dan numerasi. Bahkan menampilkan juga data statistik kinerja peserta Try Out Ujian Sekolah.

Peserta Try Out Berfoto bersama. (Rabithah)

Yuli Herianto mengatakan, “Data akhirnya berupa Microsoft Excel, sehingga akan mempermudah guru dalam menganalisanya. Ditambah sajian tampilan yang penuh warna, membuat peserta didik semakin tertantang ketika menjawabnya.”

Reporter/Foto: Rabithah Maha Sukma
Lebih baru Lebih lama