Celvi Ciptaning Gusti saat unjuk kebolehannya bernyanyi. (Donny)

NGORO – Mempunyai kegemaran yang mampu mengantarkan meraih prestasi adalah sebuah kegembiraan tersendiri. Hal itulah yang dirasakan oleh peserta didik SDN Gajah I Ngoro, Celvi Ciptaning Gusti yang berhasil meraih Juara I Lomba Menyanyi Lagu Nasional Putri dalam Lomba Bahasa dan Seni Siswa Jenjang SD Tingkat Kabupaten Jombang 2021.

Celvi Ciptaning Gusti mengisahkan kegemarannya menyanyi tak lepas dari kebiasaan ayah dan kakaknya yang tiap ada waktu luang di rumah, selalu digunakan untuk menyanyi bersama. Kelamaan kebiasaan itu juga menular kepada dirinya.

“Akhirnya saya mencoba pertama kali waktu kelas III ikut dalam Lomba Menyanyi Khasidah yang diselenggarakan satuan pendidikan dalam rangka perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW. Bersyukur mendapatkan predikat sebagai Juara I,” papar Celvi Ciptaning Gusti.

Mungkin sebagian melihat menyanyi itu mudah. Padahal kalau sudah didalami sungguh banyak keilmuan dan teknis yang harus diketahui serta dikuasai.

Sehingga pada perlombaan menyanyi seperti di Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional juga Lomba Bahasa dan Seni Siswa Kabupaten Jombang mewakili SDN Gajah I Ngoro. Kepercayaan itu pun tidak disia-siakan oleh Celvi Ciptaning Gusti sehingga ia terus melatih kepiawaiannya dalam bernyayi secara serius.

Baca Juga: Santunan Anak Yatim DWP Wilkerdik Kecamatan Diwek

Gadis berparas ayu ini menjelaskan, “Mungkin sebagian melihat menyanyi itu mudah. Padahal kalau sudah didalami sungguh banyak keilmuan dan teknis yang harus diketahui serta dikuasai. Diantaranya teknik vokal dasar, pernafasan, maupun artikulasi supaya mampu menghasilkan pengucapan yang jelas sewaktu menyanyi.”


Piala yang ditunjukkan oleh Celvi Ciptaning Gusti. (Donny)

Walaupun diakui oleh Celvi Ciptaning Gusti ketika dalam Lomba Bahasa dan Seni Siswa Kabupaten Jombang 2021 sempat mengalami kesulitan karena menyanyikan lagu berjudul Rayuan Pulau Kelapa. Dirinya tidak menyerah begitu saja, nada tinggi yang terdapat dalam lagu tersebut terus dipelajari dan di coba secara rutin. Akhirnya mampu menguasai dengan baik dan menorehkan prestasi sebagai persembahan untuk orang tua serta SDN Gajah I Ngoro.

Reporter/Foto: Donny Darmawan

CELVI CIPTANING GUSTI


Tempat, Tanggal, Lahir : Jombang, 18 Agustus 2009

Hobi : Menyanyi, Membaca Novel

Cita-Cita : Dokter Hewan

Penyanyi Idola : Justin Bieber, Isyana Sarasvati, Rossa
Lebih baru Lebih lama