Kebersamaan dengan keluarga. (Ilustrasi)

Akhir pekan merupakan hari yang biasanya dipakai oleh pegawai untuk mengistirahatkan diri dari seluruh aktivitas maupun pekerjaan yang ada di kantor. Akhir pekan menjadi sebuah hari yang bebas dimana para pekerja dapat melakukan kegiatan ataupun liburan bersama keluarga, istirahat secara batin dan fisik dengan berbagai cara dimanapun mereka berada. Biasanya, akhir pekan terjadi di hari Sabtu dan hari Minggu. Kebanyakan seluruh pegawai menantikan akhir pekan sebagai hari yang dapat digunakan sebagai pengembangan minat mereka sehingga akhir pekan yang dapat dilalui dan dilaksanakan secara produktif dan bermanfaat.

Namun, terkadang banyak pegawai ataupun beberapa kalangan yang kebingungan untuk mengisi akhir pekan agar tetap produktif. Disisi lain, ada hal yang ditakutkan jika akhir pekan tidak dimanfaatkan dengan optimal sehingga dapat merugikan diri sendiri.

Tidak harus mahal, Anda bahkan bisa berwisata ke tempat yang dekat, di mana Anda bisa menikmati udara segar dengan pemandangan yang berbeda dari biasanya. Jangan lupa untuk mengajak keluarga atau teman-teman Anda, agar perjalanan wisata yang Anda lakukan lebih menyenangkan dan berkesan bagi Anda.

Lantas, tips apa saja yang dapat meningkatkan produktivitas para pegawai dan semua kalangan di akhir pekan? Berikut ini merupakan tips yang dapat membuat kita produktif di akhir pekan:

Buatlah Jadwal Harian
Satu hal yang perlu dilakukan ialah tingkatkan manajemen waktu supaya produktif. Cara mengaturnya adalah dengan membuat jadwal harian. Jadwal ini bisa Anda isi dengan daftar pekerjaan kantor yang harus diselesaikan dan daftar aktivitas yang dilakukan setiap harinya. Adanya jadwal, rutinitas akan terbangun dan akan lebih mampu termotivasi untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut.

Miliki Ruang Kerja
Mempunyai ruangan kerja sendiri dipercaya dapat meningkatkan produktivitas. Manfaatkan ruangan atau sudut di rumah Anda yang sekiranya nyaman untuk bekerja. Atur suasana ruangan kerja yang membangkitkan mood, misalnya menata meja dengan menaruh aromaterapi atau memasang musik yang semangat.

Mengikuti Kelas Online
Sadar atau tidak, sejak ada pandemi kini banyak sekali kelas online bermunculan. Mulai dari kelas memasak hingga kelas public speaking. Semua kelas ini memiliki tujuan agar masyarakat tetap produktif dan berkembang walau terhalang tatap muka langsung. Tidak hanya kelas online, wawancara live Instagram yang terkurasi pun juga bisa menambah wawasan. Misalnya saja Anda mengikuti wawancara live antara wartawan dengan atlet. Dari sana Anda bisa mengambil pelajaran dari cerita para atlet selama masa pandemi ini, bagaimana latihan mereka tanpa ada pertandingan, apa yang dilakukan agar tidak bosan, dan lainnya.

Baca Juga: MKKS Awards 2022 Peluang Menggapai Prestasi

Bangun Tidur di Pagi Hari
Meski ini hari libur, bukan berarti Anda harus menghabiskannya untuk bermalas-malasan sepanjang hari di tempat tidur. Mulai hari dengan bangun tidur di pagi hari, namun dalam suasana yang berbeda sebab Anda tidak akan masuk kerja. Nikmati sarapan Anda dengan tenang dan tidak terburu-buru atau bahkan Anda berulang kali memandang jam tangan Anda pada saat melakukannya. Nikmati juga udara pagi yang segar dan habiskan pagi hari Anda dengan menyenangkan bersama keluarga.

Bangun di pagi hari saat akhir pekan sangat baik untuk memulai rutinitas sehari-hari. Hal ini karena kekonsistenan dalam bangun pagi setiap hari dapat melatih kedisiplinan diri dan juga dapat memberikan lebih banyak waktu bagi diri untuk segera memulai kegiatan di akhir pekan. Dengan begitu, rencana mengenai apa yang akan dilakukan akan dapat dipersiapkan dengan baik dan matang.

Menyempatkan Diri Berolahraga
Kesibukan kerja sepanjang minggu, seringkali membuat kita lupa dan tidak sempat berolahraga. Manfaatkan hari Minggu untuk menikmati olahraga yang Anda senangi bersama keluarga atau teman-teman Anda. Anda bisa jogging di sekitar komplek atau taman dekat rumah Anda, bersepeda menuju tempat-tempat wisata terdekat bersama dengan keluarga, atau menghabiskan beberapa jam waktu Anda di pusat kebugaran.

Olahraga sangat penting bagi kesehatan dan kebugaran tubuh Anda. Jadi selalu usahakan waktu Anda setiap minggunya untuk sekedar melakukan olahraga ringan yang bisa Anda lakukan dengan mudah.

Dengan meluangkan waktu untuk berolahraga akan membuat tubuh menjadi semakin sehat baik sehat secara fisik maupun mental. Mengingat para pegawai di hari kerja hanya bisa melakukan pekerjaan dengan posisi duduk di kursi atau memiliki gerak yang lebih terbatas, maka dengan melakukan olahraga di akhir pekan merupakan kesempatan untuk ‘mengolah’ tubuh agar tetap bugar sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh.

Memasak Makanan yang Disukai dan yang Sehat
Memasak sendiri makanan yang diinginkan dapat meningkatkan mood dalam beraktivitas, apalagi dilakukan dengan orang terdekat. Memasak di akhir pekan juga dapat melatih skill diluar pekerjaan yang sehari-hari dilakukan. Dengan memakan makanan sehat menjadikan tubuh kita menjadi lebih sehat, sesuai dengan slogan “DiDalam Tubuh yang sehat, terdapat Jiwa yang Kuat”.

Membaca Buku
Melakukan aktivitas dengan cara membaca buku di akhir pekan sangat bermanfaat bagi pengembangan wawasan dan ilmu diri. Dengan membaca buku di akhir pekan, maka tidak akan sia-sia karena di hari libur pun ilmu dan wawasan di dalam otak tetap terisi. Membaca buku dapat disesuaikan dengan keinginan, seperti membaca buku pengetahuan, novel, komik, dan juga buku lainnya.

Lakukan Hobi yang Membuat Anda Senang
Setiap orang tentu memiliki hobi, namun tidak semua orang memiliki waktu untuk menikmati hobinya tersebut, mungkin Anda salah satunya. Di hari Minggu, Anda bisa lakukan apapun hobi apapun yang akan membuat Anda menjadi bahagia dan lebih berenergi di awal minggu.

Anda bisa melakukannya dengan teman-teman atau keluarga yang juga memiliki hobi yang sama dengan Anda, sehingga hal tersebut terasa lebih menyenangkan. Anda juga sekaligus bisa menghabiskan waktu dengan orang-orang terdekat Anda.

Menikmati waktu untuk Sendiri
Sesekali ada baiknya Anda menghabiskan hari Minggu dengan sendirian saja. Hal ini akan memberikan Anda waktu dan kesempatan bagi diri sendiri untuk bisa lebih santai atau melakukan berbagai hal yang ingin Anda lakukan sendiri saja. Anda bisa bepergian atau sekedar diam dan istirahat di rumah.

Menikmati waktu sendiri dengan beberes kamar tidur atau menata segala sesuatunya agar terlihat lebih indah dan menyenangkan. Hal seperti ini akan membuat Anda senang dan menjadi lebih santai, sehingga Anda memiliki waktu yang benar-benar bisa Anda habiskan untuk diri Anda sendiri sepanjang hari Minggu.

Liburkan Diri Anda dari Pekerjaan
Ada banyak orang yang menghabiskan hari Minggu dengan cara mengerjakan berbagai urusan, termasuk pekerjaan kantor yang dibawa ke rumah. Hal seperti ini tentu sangat menyedihkan dan Anda tidak harus melakukannya, bukan? Setelah sepanjang hari bekerja, maka di hari libur atau Minggu enyahkan sejenak pekerjaan Anda di kantor, dan Anda tidak perlu merasa bersalah dengan mengabaikannya sejenak.

Jangan membawa pekerjaan kantor pulang ke rumah, hindari sejenak membuka email atau urusan lainnya mengenai pekerjaan. Katakan pada diri Anda bahwa 5 atau 6 hari yang Anda habiskan untuk bekerja, telah cukup dan menjadi hari yang baik untuk Anda habiskan dalam bekerja, dan hari Minggu adalah hari libur penuh untuk Anda dan keluarga.

Nikmati Waktu untuk Keluarga
Setiap pegawai jarang bertemu dan menghabiskan waktu dengan keluarga? Maka jangan sia-siakan hari libur ini. Lakukan semua hal bersama mereka sepanjang hari Minggu. Habiskan waktu bersama keluarga dengan berkualitas, di mana Anda bisa melakukan berbagai hal menyenangkan bersama mereka. Anda bisa bermain atau bepergian bersama mereka, bahkan sekedar menikmati makan siang bersama keluarga juga akan terasa sangat menyenangkan.

Berwisata
Lupakan berwisata ke tempat jauh atau bahkan ke luar kota yang akan menghabiskan waktu berjam-jam di perjalanan. Para pegawai bisa berwisata ke tempat-tempat terdekat, yang mudah dijangkau serta membuat Anda lebih rileks dan berenergi di awal pekan pada saat kembali bekerja di kantor.

Tidak harus mahal, Anda bahkan bisa berwisata ke tempat yang dekat, di mana Anda bisa menikmati udara segar dengan pemandangan yang berbeda dari biasanya. Jangan lupa untuk mengajak keluarga atau teman-teman Anda, agar perjalanan wisata yang Anda lakukan lebih menyenangkan dan berkesan bagi Anda.

Lebih baru Lebih lama