Proses pemasukan nilai peserta didik SDN Menganto Mojowarno dalam E-Rapor. (Donny)


JOMBANG – Hajat akbar pendidikan di Jombang yakni Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran (Tapel) 2022/2023 sebentar lagi akan digelar. Pelbagai persiapan khususnya kesiapan data peserta didik harus dirampungkan sebelum hari pelaksanaan. Terutama menyangkut data pribadi peserta didik dari Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, nilai rapor, hingga daftar prestasi yang pernah diraihnya.

Hal itu termasuk penting karena dalam jalur yang akan dibuka dalam PPDB Tapel 2022/2023 nantinya baik Prestasi, Afirmasi, Zonasi, serta Perpindahan Orang Tua data-data tersebut tetaplah dibutuhkan. Kepala Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter, Bidang Pembinaan SMP, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang yang masih didapuk sebagai Ketua Pelaksana PPDB Online Tapel 2022/2023, Rhendra Kusuma, S.Kom. menjelaskan bila ada pembaruan dalam Jalur Prestasi. Jadi, perolehan nilai terbaik 1-6 akan masuk dalam penilaian dan pertimbangan.

Dalam PPDB Tapel 2022/2023 ini memberikan kesempatan lebih besar bagi peserta didik berprestasi di SD.

Rhendra Kusuma memaparkan dalam Sosialisasi Pedoman Teknis PPDB Tapel 2022/2023 di Aula I Disdikbud Kabupaten Jombang, “Pembaruan ini hanya berlaku bagi peserta didik dan satuan pendidikan yang berasal dari Jombang sendiri. Sedangkan kuota yang diberikan di Jalur Prestasi ini sebesar 30% dari setiap Rombongan Belajar (Rombel) di satuan pendidikan tersebut. Nilai terbaik 1-6 bisa diraih dari akumulasi hasil rapor di semua mata pelajaran. Kemudian nilai tersebut disetarakan dengan raihan prestasi perorangan baik akademik dan non-akademik, di Juara I s.d III maupun Juara Harapan I s.d III di tingkat kecamatan.”

Baca Juga: IGTKI Kabupaten Jombang Rupa Baru, Semangat Baru

Kepala Bidang Pembinaan SMP, Disdikbud Kabupaten Jombang, Agus Suryo Handoko, M.MPd. mengatakan dalam PPDB Tapel 2022/2023 ini memberikan kesempatan lebih besar bagi peserta didik berprestasi di SD. Hal ini dilatari karena tidak semua peserta didik yang pernah berprestasi memiliki sertifikat kejuaraan tersebut baik dari sisi akademik maupun non-akademik.

Sosialiasi pedoman teknis PPDB Tapel 2022/2023 di Aula I Disdikbud Kabupaten Jombang (Donny)

“Jadi ini merupakan kesempatan yang tak boleh disia-siakan. Oleh karenanya, baik satuan pendidikan maupun peserta didik bisa segera mengunggah segenap prestasi yang pernah diraihnya kedalam laman PPDB yang bakal dijalankan secara online.

Reporter/Foto: Donny Darmawan

Lebih baru Lebih lama