Kegiatan ekstrakurikuler bola voli. (Rabithah)


KESAMBEN – SDN Jombatan III Kesamben sangat peduli terhadap bakat yang dimiliki peserta didik khususnya di bidang olahraga. Terbukti dari sekian banyak ekstrakurikuler yang ada, dilatari oleh keberadaan potensi peserta didik. Dari atletik, lompat jauh, tolak peluru, bulutangkis, catur, renang, hingga bola voli. Semua dibina secara serius dengan menghadirkan pelatih yang berpengalaman.

Peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler di bidang olahraga memiliki kedisiplinan yang lebih. Dari persiapan pembelajaran maupun ketika berlatih. Semua peralatan olahraga selalu disiapkan dengan mandiri kemudian dikembalikan lagi seperti semula.

Kepala SDN Jombatan III Kesamben, Bahariono, S.Pd. menuturkan olahraga memang menjadi kegiatan yang digandrungi oleh peserta didik. Terlebih bola voli banyak menorehkan prestasi sejak 2015. Terlebih Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) berhasil meramu pola latihan yang tepat sehingga mengembangkan bakat peserta didik.

Baca Juga: Pembinaan Guru Seni dan Budaya untuk Raih Prestasi

“Selain itu pastinya juga kami melengkapi fasilitas yang dibutuhkan dalam latihan. Sehingga latihannya pun akan semakin semangat dan mampu lebih maksimal lagi,” tegas Bahariono.

Kepala SDN Jombatan III Kesamben, Bahariono, S.Pd. (Rabithah)

Guru PJOK sekaligus pelatih bola voli, SDN Jombatan III Kesamben, Isnaini Idayati, S.Pd. mengakui sebanyak 15 peserta didik tergabung dalam ekstrakurikuler bola voli. Rata-rata merupakan peserta didik kelas IV dan V karena kelas di bawahnya masih pengenalan dasar.

Kepala dan guru PJOK SDN Jombatan III Kesamben sedang membina ekstrakurikuler bola voli. (Rabithah)

Isnaini Idayati mengatakan, “Di tiap pekannya setidaknya rutin latihan sebanyak dua kali selama satu jam. Sementara peserta didik yang masih tahap pengenalan akan dilatih aturan permainan, passing, servis, dan rotasinya. Selain itu kami pun mendorong peserta didik untuk mengikuti klub bola voli supaya lebih matang permainannya.”

Jajaran guru dan tim bola voli SDN Jombatan III Kesamben. (Rabithah)

Dampak baiknya dirasakan juga oleh guru sewaktu mengajar. Seperti diakui Guru Kelas V, SDN Jombatan III Kesamben, Liele Purnamasari, S.Pd.SD. bahwa peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler di bidang olahraga memiliki kedisiplinan yang lebih. Dari persiapan pembelajaran maupun ketika berlatih. Semua peralatan olahraga selalu disiapkan dengan mandiri kemudian dikembalikan lagi seperti semula.

Reporter/Foto: Rabithah Maha Sukma

SDN JOMBATAN III KESAMBEN


a. Tahun berdiri : 1974

b. Jumlah Guru : 13

c. Jumlah Peserta Didik : 199

d. Prestasi Olahraga :

1. Juara I Bola Voli Putri Kecamatan Kesamben Tahun 2018

2. Juara II Bola Voli Putra Kecamatan Kesamben Tahun 2018

3. Juara I Bola Voli Putra Kecamatan Kesamben Tahun 2019.

Lebih baru Lebih lama