Penampilan ekstrakurikuler keroncong oleh peserta didik SMA Negeri I Jombang. (ist)


JOMBANG – Kesempatan meraih prestasi bagi peserta didik bisa melalui jalur akademis maupun non-akademis. Satuan pendidikan hingga guru pun memiliki kewajiban dalam mengembangkan potensi peserta didik di kedua bidang tersebut. Selaiknya di bidang non-akademis mampu berbicara banyak hingga tingkat Provinsi Jawa Timur melalui kesenian dan kebudayaan.

Dijelaskan Kepala Seksi Pembinaan SMA, Cabang Dinas (Cabdin) Pendidikan Wilayah Kabupaten Jombang, Provinsi Jawa Timur, Asijah, M.MPd. menyampaikan nantinya akan dilakukan pembinaan terhadap guru seni dan budaya melalui Musyawarah Guru Mata Pembelajaran (MGMP). Tetapi sebelumnya akan diterbitkan Surat Keputusan atau SK bagi anggota baru MGMP Seni dan Budaya SMA/SMK Negeri/Swasta Se Kabupaten Jombang.

Komunikasi pun harus dibentuk sebaik mungkin, mengingat itu menjadi salah satu hal terpenting dalam menorehkan prestasi. Jadi guru maupun peserta didik nantinya akan mampu mengurai kesulitan yang dihadapi jika komunikasi tersebut terbentuk.

Asijah menjelaskan, “SK tersebut nantinya menjadi keprofesionalan anggota MGMP Seni dan Budaya SMA/SMK Negeri/Swasta Se Kabupaten Jombang dalam menjalankan tanggungjawabnya untuk membina guru sekaligus peserta didik dalam segenap ajang yang diikuti ditingkat kabupaten hingga Provinsi Jawa Timur.”

Baca Juga: SDN Alang-Alang Caruban II Jogoroto Keterbukaan Menuai Kepercayaan

Ketua MGMP Seni dan Budaya SMA/SMK Negeri/Swasta Se Kabupaten Jombang, Drs. Sunarko, M.Si. menuturkan SK itu dapat menjadi landasan dalam pembinaan guru seni dan budaya di satuan pendidikan secara matang yang nantinya digunakan pula dalam pendampingan peserta didik untuk mengikuti pelbagai kompetisi. Tentunya tak akan melepaskan dari Kurikulum 2013 sebagai pijakan dasarnya sehingga masih terdapat pertautan nantinya.

Asijah bersama pelatih ekstrakurikuler jenjang SMA. (ist)

“Komunikasi pun harus dibentuk sebaik mungkin, mengingat itu menjadi salah satu hal terpenting dalam menorehkan prestasi. Jadi guru maupun peserta didik nantinya akan mampu mengurai kesulitan yang dihadapi jika komunikasi tersebut terbentuk. Selain itu bila meraih prestasi, akan memudahkan peserta didik dalam melanjutkan jenjang pendidikan di perguruan tinggi,” jelas Sunarko.

Karya lukis peserta didik SMA Negeri 1 Jombang. (ist)

Asijah pun memungkasi dengan pesan jikalau jangan mudah berpuas diri. Artinya peluang meraih prestasi yang lebih tinggi misalnya hingga ke tingkat nasional sangat besar sekali. Cabdin Pendidikan Wilayah Kabupaten Jombang, Provinsi Jawa Timur berusaha sebaik mungkin dalam menyusun formulasi yang tepat dalam pembinaannya melalui MGMP Seni dan Budaya SMA/SMK Negeri/Swasta Se Kabupaten Jombang.

Reporter/Foto: Donny Darmawan

Lebih baru Lebih lama