Kelas VI SDN Pesanggrahan Gudo melaksanakan pembelajaran dengan platform Google Sheets. (Rabithah)


GUDO – Mendapatkan bantuan komputer jinjing jenis Chromebook dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang menjadi angin segar bagi SDN Pesanggrahan Gudo. Sebab secara optimis mendeklarasikan sebagai satuan pendidikan berbasis teknologi informasi yang tentunya membutuhkan komputer dan jaringan internet laik.

Seiring berjalannya waktu, teknologi informasi pun kian akrab dengan peserta didik. Terbukti dengan semangat belajar yang ditunjukkan dengan meningkatnya nilai di setiap semester.

Dikisahkan Kepala SDN Pesanggrahan Gudo, Suharawati, S.Pd. bahwa pembelajaran menggunakan komputer dan telepon pintar dimulai sejak tahun 2020. Meski penuh keterbatasan sarana maupun kecakapan guru, namun dinilai mampu menyukseskan pembelajaran Dalam Jaringan. Sebut saja saat Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun 2021 meski tak memiliki komputer, bertekad melaksanakan mandiri menggunakan komputer milik guru.

Baca Juga: Terus Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

Suharawati mengatakan, “November 2021 mendapatkan bantuan sejumlah 25 Chromebook. Komputer jinjing jenis ini harus terkoneksi dengan internet, oleh karenanya juga menyediakan jaringan internet yang sebelumnya hanya 20 mbps naik menjadi 50 mbps. Daya listrikpun tak luput dari perhitungan dan naik hingga 2200 watt.

Jajaran guru SDN Pesanggrahan Gudo. (Rabithah)

Guru Kelas VI SDN Pesanggrahan Gudo, Andik Sam Sanjaya, S.Pd. mengatakan pembelajaran berbasis teknologi informasi menjangkau seluruh kelas, namun diutamakan kelas atas yaitu IV s.d VI. Ditunjang pula dengan LCD yang terpasang di seluruh ruang. Saat pembelajaran sehari-hari menggunakan Microsoft Office dan aplikasi Google Sheet. Namun untuk ulangan atau ujian acap menggunakan Google Form.

Kepala SDN Pesanggrahan Gudo, Suharawati, S.Pd. (Rabithah)

Agar tak sampai salah dan malah merusak, sebelumnya peserta didik dijelaskan terkait fungsi detail komputer jinjing, imbuh Andik Sam Sanjaya. Pengenalan berlangsung sekitar lima kali pertemuan. Tak lupa memastikan komputer jinjing dalam keadaan normal sebelum, saat, dan setelah digunakan.

Kepala SDN Pesanggrahan Gudo, Suharawati, S.Pd. bersama guru kelas VI, Andik Sam Sanjaya, S.Pd. (Rabithah)

“Seiring berjalannya waktu, teknologi informasi pun kian akrab dengan peserta didik. Terbukti dengan semangat belajar yang ditunjukkan dengan meningkatnya nilai di setiap semester. Selebihnya dapat menciptakan kemandirian bagi satuan pendidikan dalam pelbagai hal seperti pelaksanaan ANBK dan memasukan Data Pokok Kependidikan,” ungkap lelaki yang juga menjabat Sekretaris IGI Kabupaten Jombang ini.

Reporter/Foto: Rabithah Maha Sukma

PRESTASI SDN PESANGGRAHAN GUDO


a. Juara Harapan I Lomba Desain Poster Kabupaten Jombang tahun 2021

b. Juara I Tenis Meja KOSN Kabupaten Jombang tahun 2021

c. Juara I Lempar Turbo Kecamatan Gudo tahun 2022.

Lebih baru Lebih lama