Senen saat ditemui di ruang kerjanya. (Donny)


JOMBANG - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang setelah beberapa bulan ditinggal nahkodanya. Kini sudah memiliki pemimpin yang mempunyai kegemaran bermain sepak bola sejak masih duduk di bangku sekolah dasar yaitu Senen, S.Sos., M.Si..

Bagi sebagian Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kota Santri mungkin tak asing dengan kiprah lelaki kelahiran Kediri 19 Juni 1971 ini. Sebab, sebelumnya Senen telah banyak berkiprah di sejumlah jabatan. Dari Camat Wonosalam hingga Mojoagung serta terakhir sebelum menduduki kursi Kepala Disdikbud Kabupaten Jombang, Senen menjabat Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Jombang.

Kecintaanya bermain sepak bola ditekuni hingga SMA. Hal itu tak lepas keberadaan rumahnya sewaktu tumbuh di Kota Tahu dekat dengan lapangan sepak bola. Tak ayal hampir saban hari bermain sepak bola adalah pilihan menghabiskan waktu sepulang sekolah.

Terpenting juga membahagiakan orang tua dan memperoleh ridhonya. Sebab itu menjadi modal yang sangat berharga dalam melangkah dipelbagai aktivitas di dunia.

“Meskipun saya menempati posisi sebagai bek tengah, namun sosok Diego Armando Maradona adalah idola. Selain kagum dengan gaya permainannya, Si Tangan Tuhan tersebut juga memiliki visi bermain yang ulet dan pekerja keras,” ungkap Senen ketika ditemui di ruang kerjanya.

Laiknya kebanyakan anak-anak, ia bermain sepak bola tanpa mengenakan sepatu atau orang Jawa mengatakan nyeker. Baru pertama kali memakai sepatu bola dan teringat hingga sekarang tatkala mengikuti kompetisi antar SD di Kediri. Selain menyenangkan karena serupa dengan pemain sepak bola sesungguhnya, kenangan tersebut tak dapat dilupakan oleh Senen.

Karir Mengalir Seperti Air dan Berbakti Kepada Orang Tua

Atas pencapaian karirnya saat ini, Senen mengaku semuanya mengalir saja. Baginya jabatan itu ialah amanah, sehingga harus dikerjakan dengan baik dan penuh akan tanggungjawab.

Baca Juga: Perlu Kesadaran Bersama Kurangi Angka Kecelakaan Sepeda Motor pada Pelajar

Semua diawali semenjak dirinya pindah ke Jombang setelah menyelesaikan pendidikan di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) dan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang sekitar tahun 1993. Bahkan karena keberhasilannya mengembangkan wilayah yang dipimpinnya, Senen pernah meraih predikat sebagai Camat Berprestasi tahun 2011.

Senen mengatakan, “Semua saya jalani selaiknya air mengalir. Mengikuti kemana arus membawa saya. Terpenting juga membahagiakan orang tua dan memperoleh ridhonya. Sebab itu menjadi modal yang sangat berharga dalam melangkah dipelbagai aktivitas di dunia.”

Itulah yang membuat putra ketiga dari pasangan Tukinah dan Usmat yang seorang petani selalu berpegang teguh untuk berbakti kepada orang tua. Sebab itulah salah satu pintu dalam mempelancar kinerjanya sebagai abdi negara.

Reporter/Foto: Donny Darmawan

Lebih baru Lebih lama